Dhito Tertarik Gandeng PSPK untuk Tingkatkan Ekosistem Pendidikan di Kabupaten Kediri

Dhito Tertarik Gandeng PSPK untuk Tingkatkan Ekosistem Pendidikan di Kabupaten Kediri Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramana (tiga dari kiri) bersama Head of Legal PSPK Mandira Bienna Elmir (dua dari kiri). Foto: Ist.

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Bupati Kediri menggelar diskusi dengan Head of Legal Pusat Studi Pendidikan dan Kebijakan (), Mandira Bienna Elmir, pada Jum'at (17/5/2024) kemarin.

Dari diskusi tersebut, Hanindhito tertarik menggandeng untuk mengembangkan ekosistem pendidikan di Kabupaten Kediri.

Mandira mengatakan, bahwa pihaknya bersama berbagai komunitas yang bergerak di bidang pendidikan akan menjadikan Kabupaten Kediri sebagai wilayah percontohan pengembangan ekosistem pendidikan.

"Kita ingin membantu Mas Bup (Bupati Kediri) dan Mbak Wabup (Wabup Kediri) untuk bisa mendorong ekosistem pendidikan mulai dari kepala sekolah, guru pengawas, agar semakin maksimal dalam urusan pendidikan," katanya.

Menurutnya, langkah awal yang ingin dilakukan adalah membentuk forum pendidikan mulai dari guru hingga kepala sekolah dan penggerak pendidikan lainnya. Dari forum tersebut diharapkan dapat memberikan masukan terhadap kebijakan pemerintah.

Kebijakan ini, kata Mandira, tidak hanya ditetapkan dari pemerintah saja. Namun pelaku pendidikan mampu memberikan masukan kepada pemerintah demi kemajuan pendidikan.

"Harapannya nanti ekosistem pendidikan tidak selalu berangkat dari sebuah kebijakan datangnya atas ke bawah, tapi justru dari teman-teman yang menjadi aktor pendidikan sesungguhnya untuk mendorong ekosistem dan kebijakan pendidikan ke depannya," jelasnya.

Mandira mengapresiasi kebijakan Pemerintah Kabupaten Kediri yang telah memberikan dampak besar terhadap pendidikan. Pasalnya, pihaknya telah melakukan pendalaman mengenai kondisi pendidikan di Bumi Panjalu.

Mandira menyebut adanya boarding school dan berbagai akses beasiswa baik di sekolah negeri maupun swasta berdampak langsung pada pemenuhan angka partisipasi sekolah yang semakin meningkat.

"Kita sangat bangga dengan proses itu dan kita ingin temani terus agar tata kelola ke depannya urusan pendidikan semakin baik," pungkas Mandira. (uji/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Peringatan Hari Jadi Kabupaten Kediri ke-1220 di Pendopo Panjalu Jayati':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO