Gaji Nunggak 5 Bulan, Buruh Pabrik di Pasuruan Mogok Kerja

Editor: Arief
Wartawan: Supardi
Jumat, 22 April 2022 21:25 WIB

PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Ratusan buruh pabrik sepatu PT Karya Mitra Budi Santosa (KMBS) di Kabupaten Pasuruan mogok kerja selama dua hari ini. Dalam demonya, mereka menuntut manajemen segera membayarkan gajinya, karena lebaran sudah dekat.

Salah satu buruh pabrik, Alimah, menjelaskan bahwa para buruh menuntut perusahaan segera membayarkan gajinya.

"Cuman gajian kita yang belum terelaisasi dengan jelas. Kita hanya menuntut gaji kita sesegara mungkin dibayarkan. Sekarang kan keadaanya mau lebaran. Kita juga butuh untuk keluarga, untuk anak-anak dan juga kebutuhan sehari-hari," katanya.

Tak hanya itu, Alimah, juga mengungkapkan terhitung selama 5 bulan terakhir ini gaji mereka belum dibayar. Perusahaan hanya mampu membayar sebesar 50 persen dari gaji pokok.

"ya ini kalau dikumpulkan sekitar lima bulanan". ujarnya.

Dalam pengakuannya, Alimah menjelaskan proses penggajian dilakukan secara bertahap.

Selain menuntut pelunasan gaji, para karyawan dan karyawati juga menuntut agar perusahaan mencairkan tunjangan hari raya (THR). Pasalnya, thr pada hari raya tahun 2021 lalu juga baru terbayar separuh. Padahal, selama ini mereka tetap masuk kerja seperti biasanya, walaupun gaji belum terbayar.

Para buruh PT KMBS mengancam tetap menggelar mogok kerja jika tuntutanya belum terpenuhi. Sementara manajemen pt kmbs sendiri hingga saat ini belum bisa dikonfirmasi.(par/rif)

Berita Terkait

Bangsaonline Video