Fakta-fakta Unik Lolosnya Indonesia ke Piala Asia 2023

Editor: Tim
Kamis, 16 Juni 2022 22:28 WIB

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Timnas Indonesia akhirnya lolos ke Piala Asia 2023 usai tekuk Nepal dengan sekor 7-0 pada laga Grup A kualifikasi putaran ke 3.

Dari laga kontra melawan Nepal, Timnas Indonesia lolos ke Piala Asia 2023. Lalu, apa saja fakta-fakta unik yang menjadi lolosnya indonesia ke Piala Asia 2023?

1. Timnas Indonesia Lolos ke Piala Asia Setelah 15 Tahun Absen

Terakhir Indonesia tampil di Piala Asia pada tahun 2007, sebagai tuan rumah. Indonesia memastikan lolos setelah mengalahkan Nepal 7-O di laga terakhir grup A.

2. Shin Tae-Yong Sosok Penting Lolosnya Timnas Indonesia

Akun resmi Piala Asia memuji kesuksesan Shin Tae-Yong mengantarkan Timnas Indonesia ke Piala Asia.

3. Indonesia Bisa Menang 10-0 atau Lebih dari Nepal

Namun, Kiper Timnas Nepal Deep Karki tampil gemilang dengan menggagalkan banyak peluang Timnas Indonesia. Salah satu penyelamatan gemilang Deep Karki adalah saat menggagalkan Witan Sulaeman mencetak hattrick pada menit ke-92.

Saat itu, Witan yang sudah mencetak dua gol berada di depan mulut gawang untuk mencetak gol ke-3. Namun, sontekannya masih bisa ditepis Deep Karki secara heroik menggunakan satu tangan.

4. Ranking FIFA Indonesia Naik 3 Strip

Pasca kemenangan Indonesia atas Nepal, Ranking FIFA Indonesia naik ke 155 dari sebelumnya 158. Indonesia mendapat tambahan 11,31 poin atas kemenangan telak melawan Nepal dan kini mengantongi 1019,10 poin. Indonesia menyalip 3 negara, yaitu Maladewa (156), Myanmar (157), dan Taiwan (158).

5. Shin Tae-Yong Ketiban Berkah

Kesuksesan mengantar Timnas Indonesia ke Piala Asia membawa berkah bagi Shin Tae-Yong. Pelatih asal Korea Selatan itu mendapat hadiah dua unit mobil baru dari PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) sebagai bentuk apresiasi. Yaitu, Hyundai Palisade dan Hyundai Staria terbaru.

Masing-masing mobil itu harganya nyaris menyentuh Rp1 miliar. Shin Tae-Yong juga menjadi bintang iklan salah satu merek kopi bubuk kemasan berkat kepopulerannya semenjak menangani Tim Garuda. (tim)

Berita Terkait

Bangsaonline Video