Kalahkan 80 Nama, ini Alasan Jokowi Pilih Nusantara untuk Nama Ibu Kota Negara Baru | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Kalahkan 80 Nama, ini Alasan Jokowi Pilih Nusantara untuk Nama Ibu Kota Negara Baru

Editor: tim
Senin, 17 Januari 2022 21:19 WIB

Desain terbaru Istana Kepresidenan Ibu Kota Negara (IKN) yang pernah dipamerkan Presiden Jokowi. Foto: ist

JAKARTA, BANGSAONLINE.com akhirnya memilih nama Nusantara untuk Ibu Kota Negara (IKN) baru yang berlokasi di Kabupaten , Kalimantan Timur (Kaltim). Nama Nusantara itu mengalahkan 80 nama usulan nama lain seperti Nusa Karya, Negara Jaya, Kertanegara, dan lain sebagainya.

Hal itu disampaikan Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN) / Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas), Suharso Monoarfa dalam rapat dengan Panitia Khusus (Pansus) RUU IKN DPR RI di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (17/1).

"Ada sekitar 80 lebih, tapi kemudian akhirnya dipilih kata Nusantara tanpa kata Jaya," kata Suharso dikutuip CNN Indonesia.

Dalam pemilihan nama untuk IKN baru, Suharso mengaku telah memanggil ahli bahasa, ahli sejarah, dan sejumlah pakar lainnya.

Suharso membeberkan, nama-nama yang sempat pihaknya ajukan kepada Jokowi untuk dipilih menjadi nama IKN baru antara lain Negara Jaya, Nusantara Jaya, Nusa Karya, Warna Pura, Cakrawala Pura, hingga Kertanegara.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video