Miris, ​Penanggulangan Bencana di Jombang Hanya Dianggarkan Rp 2,9 Juta Setahun | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Miris, ​Penanggulangan Bencana di Jombang Hanya Dianggarkan Rp2,9 Juta Setahun

Editor: Yudi Arianto
Wartawan: Aan Amrulloh
Selasa, 18 Januari 2022 17:59 WIB

Kantor BPBD Jombang.

JOMBANG, BANGSAONLINE.com - Setiap musim penghujan tiba, kerap terjadi bencana alam seperti puting beliung, banjir hingga tanah longsor. Hal ini dipastikan akan menelan biaya besar jika ada kerusakan yang ditimbulkan.

Namun sangat disayangkan sekali, di Kabupaten , untuk penanggulangan bencana hanya disediakan sejumlah Rp2,9 juta saja.

Kepala BPBD Abdul Wahab mengungkapkan, penanggulangan bencana tahun ini kurang dari 1 persen dari total yang ia terima melalui APBD TA 2022 senilai Rp3,6 miliar, yaitu sebanyak Rp2,9 juta saja.

Anggaran tersebut untuk memenuhi tiga pos kegiatan penanggulangan bencana. Antara lain untuk kegiatan bantuan stimulan permukiman terdampak bencana dan kebakaran sebanyak Rp1 juta, kegiatan belanja bahan material penanganan banjir dan tanah longsor senilai Rp1 juta, dan Rp990.000 untuk pemenuhan kebutuhan dapur umum.

"Selama perubahan atas APBD belum disahkan, maka asumsinya penanggulangan bencana selama satu tahun 2022 ada di angka Rp2.990.000," ujar Wahab, Selasa (18/01/22).

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video