Ibu Rumah Tangga di Kediri Sukses Sulap Gelas Plastik Bekas Jadi Tempat Tisu dan Aneka Suvenir | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Ibu Rumah Tangga di Kediri Sukses Sulap Gelas Plastik Bekas Jadi Tempat Tisu dan Aneka Suvenir

Editor: Revol Afkar
Wartawan: Muji Harjita
Kamis, 20 Januari 2022 14:34 WIB

Siti Nurhayati menunjukkan tempat tisu dan tas hasil karyanya. foto: MUJI HARJITA/ BANGSAONLINE

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Siti Nurhayati (37) warga Desa Adan-Adan, Kecamatan Gurah, Kabupaten Kediri, termasuk sosok perempuan yang kreatif. Di sela-sela kesibukannya menjaga kedai makan di sebuah pusat kuliner di sekitar SLG Kediri, Siti menyempatkan diri membuat tangan dari gelas plastik bekas.

Hasil dari kreasi tangan Siti, gelas plastik bekas itu disulap menjadi tempat tisu, dompet, dan suvernir cantik lainnya.

Sempat terhenti akibat pandemi Covid-19, kini usaha Siti bangkit kembali. Ia memasarkan aneka tangan itu melalui media sosial.

Usaha yang dilakukan Siti itu berawal dari keprihatinannya melihat sampah gelas minuman dari plastik, yang dibuang sembarangan. Dengan niat membantu suaminya untuk mencukupi kebutuhan rumah tangga, Siti lalu menyulapnya plastik bekas itu menjadi barang bernilai ekonomis tinggi.

Saat ditemui di Pusat Kuliner MKS Simpang Lima Gumul (SLG) tempatnya bekerja, Kamis (20/1), ia menceritakan proses pembuatan handicraft tersebut. Awalnya gelas-gelas bekas air minum dipotong untuk diambil bagian atasnya. Setelah dibersihkan, lingkaran bekas gelas minuman dilapisi kawat souvenir sesuai warna yang diinginkan.

"Kemudian dirangkai dan diikat serta dibentuk menjadi tempat tisu, tas, maupun dompet. Namun juga kita tambahi seperti kawat suvenir dan aksesori lainnya," kata dia sambil membuat aneka suvenir dari sampah gelas minuman.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video