Serius Tangani Sampah, Pemkot Kediri dapat Dukungan dari Jerman

Editor: Rohman
Wartawan: Muji Harjita
Jumat, 21 Januari 2022 15:03 WIB

Ahli sampah dari Jerman saat mengunjungi TPS3R Banjaran untuk memantau pengelolaan sampah di tingkat kelurahan. Foto: Ist.

KOTA KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Pemerintah Kota dan Kabupaten menggelar rapat koordinasi persiapan pembangunan TPA Sampah Regional. Ini dilakukan sebagai upaya tindak lanjut pelaksanaan Program () di Jawa Timur ().

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota , Chevy Ning Suyudi, menjelaskan pembangunan TPA Regional itu dilakukan karena TPA Klotok kondisinya sudah overload.

"Kita berharap adanya peluang untuk membuka TPA regional kabupaten dan kota ini bisa menjadi solusi," ujarnya, Jumat (21/1).

Menurut dia, Pemerintah Jerman melalui bakal memberikan skema pendanaan dengan terlebih dahulu melakukan studi kelayakan terhadap rencana pembangunan TPA Regional hingga Maret 2022.

Kemudian, hasil studi akan dievaluasi oleh pemerintah daerah setempat bersama tim ahli yang ditunjuk Pemerintah Jerman sebelum ditetapkan rencana tindak lanjutnya.

Menurut Chevy, saat ini mereka belum bisa menentukan kondisi pengelolaan sampah dan masih. Sebab, masih akan dilakukan kajian bagaimana sistem pengambilan sampah dari rumah tangga sampai bagaimana pemilahan dan pengangkutan sampah.

"Nah, dari situ ditentukan skema apa yang akan diterapkan, termasuk teknologi apa yang mau diaplikasikan, alat transportasi, serta sistem pemilahannya supaya barang-barang yang masih bisa digunakan untuk di-reuse dan recycle sehingga volume sampah yang dibawa ke TPA berkurang, dan dapat memperpanjang umur layanan TPA nanti,” paparnya.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video