Usai Dilantik, FPRB Kabupaten Kediri Langsung Gelar Latihan SAR dan Vertical Rescue

Editor: Yudi Arianto
Wartawan: Muji Harjita
Minggu, 30 Januari 2022 17:40 WIB

Para Relawan FPRB Kabupaten Kediri saat berlatih SAR dan Vertical Rescue. foto: ist.

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Pengurus Forum Pengurangan Risiko Bencana () Kabupaten , Kamis (27/1) lalu telah dilantik dan dikukuhkan oleh Bupati di Lapangan Desa Paron, Kecamatan Ngasem.

Ada ungkapan, manuk glatik cucuk e biru, bar dilantik terus turu (burung gelatik, paruhnya biru, setelah dilantik terus tidur) dan manuk glatik cucuk e abang, bar dilantik langsung tandang (burung gelatik paruhnya merah, setelah dilantik langsung kerja).

Dari dua ungkapan itu, ternyata Pengurus Kabupaten memilih ungkapan yang kedua yaitu, manuk glatik cucuk e abang, bar dilantik langsung tandang. Makanya, meski belum genap seminggu dari pengukuhannya, Kabupaten langsung tancap gas.

Program pertama usai dikukuhkan adalah menggelar latihan SAR (Search and Rescue) atau pencarian dan pertolongan dan (proses operasi SAR dengan teknik evakuasi korban dari titik rendah ke titik yang lebih tinggi atau sebaliknya pada medan curam/terjal).

Kegiatan tersebut dilaksanakan selama dua hari yaitu Sabtu-Minggu, 29 - 30 Januari 2022 di beda tempat. Hari pertama bertempat di Aula Eks Kawedanan Pare. Di tempat ini para relawan mengikuti workshop dan digembleng secara teori terkait SAR dan oleh fasilitator dan equipment berpengalaman dari BPBD Kabupaten , SAR Satuan Aksi Relawan Kelud dan dari Sahabat Relawan Indonesia.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video