Penuhi Pasar Internasional, PT SBI Tuban Bangun Dermaga Khusus Ekspor | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Penuhi Pasar Internasional, PT SBI Tuban Bangun Dermaga Khusus Ekspor

Editor: Yudi Arianto
Wartawan: Gunawan Wihandono
Minggu, 30 Januari 2022 20:11 WIB

PT Solusi Bangun Indonesia Tbk (SBI) Tuban memulai mengembangkan proyek pembangunan pelabuhan terminal khusus untuk memenuhi kebutuhan pasar ekspor semen dan clinker.

TUBAN, BANGSAONLINE.com – PT Solusi Bangun Indonesia Tbk (SBI) memulai mengembangkan proyek pembangunan pelabuhan terminal khusus untuk memenuhi kebutuhan pasar ekspor semen dan clinker.

Plt Direktur Utama , Lilik Unggul Raharjo mengatakan, proyek pengembangan dermaga dan sarana produksi semen di merupakan salah satu realisasi kerja sama strategis antara SBI dengan Taiheiyo Cement Corporation (TCC). Sedangkan, proyek pengembangan dermaga itu direncanakan mampu memenuhi permintaan pasar ekspor hingga 500 ribu ton semen per tahun.

“Pengembangan dermaga ini melengkapi kemampuan pabrik untuk memperluas jangkauan pasar ekspor dalam sinergi bersama dan TCC. Kami juga akan memiliki sarana transportasi untuk mengirim semen curah dari silo langsung menuju ke kapal,” tutur Lilik Unggul Raharjo kepada BANGSAONLINE.com, Minggu (30/1).

Proyek dengan investasi sebesar Rp 1,4 triliun itu di antaranya meliputi, peningkatan kapasitas terminal khusus dari 15.000 DWT menjadi 50.000 DWT. Penambahan kapasitas pada terminal khusus dilakukan dengan membangun trestle jetty dan jetty platform baru dari jetty existing.

Selain peningkatan kapasitas pada terminal khusus, guna menunjang kebutuhan operasi di pabrik, maka dilakukan pembangunan sarana pabrik berupa fasilitas blending silo system kapasitas 8.000 ton, clinker silo system kapasitas 15.000 ton, dan cement silo system kapasitas 2 x 18.000 ton serta alat transportasi berupa tube conveyor beserta sarana pendukungnya, yang berfungsi mengirim semen curah dari silo menuju ke kapal.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

 Tag:   Tuban PT SBI SIG Semen

Berita Terkait

Bangsaonline Video