Pemkab Kediri Didesak Segera Tindak Penambangan Sirtu di Lereng Kelud | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Pemkab Kediri Didesak Segera Tindak Penambangan Sirtu di Lereng Kelud

Editor: Rohman
Wartawan: Muji Harjita
Selasa, 01 Februari 2022 17:58 WIB

Ketua FPRB Kabupaten Kediri, Ari Purnomo Adi, bersama tim gabungan saat meninjau lokasi penambangan galian C di Kecamatan Ngancar. Foto: MUJI HARJITA/ BANGSAONLINE

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Forum Pengurangan Risiko Bencana (FPRB) Kabupaten meminta pemerintah daerah setempat untuk segera mengambil tindakan terkait penambangan pasir dan batu (sirtu) di lereng , . Hal ini diungkapkan oleh Ketua FPRB Kabupaten , Ari Purnomo Adi, setelah meninjau kawasan tersebut bersama tim gabungan. 

"Dari hasil pengecekan ini, FPRB Kabupaten mendesak kepada pemerintah untuk segara mengambil langkah-langkah strategis guna penyelamatan lingkungan dan warga terdampak," ujarnya, Selasa (1/2).

Peninjauan itu dilakukan sebagai tindak lanjut rapat koordinasi tanggap bencana Kabupaten beberapa waktu lalu. Sebelum mengecek lereng gunung di , kata Ari, tim berkumpul dulu di Kantor untuk berkoordinasi.

Selanjutnya, mereka berangkat menuju titik pertama lokasi penambangan galian C yang berada di perbatasan Dusun Petungombo, Desa Sepawon, Kecamatan Plosoklaten, dan Desa Sugihwaras, .

Di sana, tim tidak menemukan aktivitas penambangan sirtu. Hanya tampak bekas roda truk dan alat berat yang terlihat masih baru. Kemudian, tim menyusuri lokasi tambang dan menemukan dua alat berat yang disembunyikan di balik bukit.

"Tim juga menemukan kubangan air di bekas tambang. Juga dijumpai bekas pipa air yang sudah terputus dan bekas longsor di tebing yang masuk wilayah PDP Margomulyo dan tanah desa Sepawon," tuturnya.

Usai dari titik pertama, tim meluncur ke titik kedua di lokasi penambangan galian C di jalur lahar di Dusun Petungkobong yang berada di perbatasan Desa Sugihwaras dan Sempu .

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video