Pakaian Khas Kabupaten Kediri segera Dipatenkan | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Pakaian Khas Kabupaten Kediri segera Dipatenkan

Editor: Rohman
Wartawan: Muji Harjita
Selasa, 01 Februari 2022 22:48 WIB

Tiga model saat memperagakan pakian khas Kabupaten Kediri. foto: ist.

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Warga Kabupaten yang selama ini belum memiliki pakaian khas, kini patut berbangga. Sebab, tahun 2022 ini pakaian yang menjadi khas berdasarkan pengkajian sejarah bakal di-launching.

Ketua Tim Kajian Pakaian Khas , Imam Mubarok, menyampaikan pengkajian pakaian khas itu dimulai 26 November sampai 20 Desember. Meski dilakukan cepat, namun tetap mengedepankan pada aspek sejarah yang menjadi rujukan.

"Di awal ada hal yang perlu kita pertimbangkan, bahwa pakaian ini adalah pakaian yang nantinya diharapkan menjadi pakaian adat," katanya dalam acara audiensi dengan Bupati , Senin (31/1) kemarin.

Menurutnya, kajian dilakukan didasarkan pada era awal. Adapun tim pengkajian pakaian khas Kabupaten melibatkan kalangan akademisi, arkeolog, desainer dan pembatik, budayawan, maupun tim internal dari Pemkab .

Sedangkan, Sigit Widiatmoko, Anggota Tim Pengkajian Pakaian Khas , menerangkan pengkajian pakaian khas itu dilakukan dari segi budaya baik susastra, peninggalan arkeologi, maupun etnologi. Berdasarkan kajian susastra dari sumber-sumber yang ada dilihat secara semiotik atau penandaan, akhirnya menetapkan motif grinsing sebagai dasar.

Grinsing itu diambil dari cerita Panji dan Candrakirana. Di mana Candrakirana yang sedang hamil dan mau melahirkan berniat menyerahkan baju polos. Karena dirasa kurang pantas untuk diserahkan, akhirnya baju itu diberi motif yang kemudian dinamakan motif gringsing.

Adapun, motif lidah api merupakan representasi dari Ibu Kota , yakni Dahanapura. Motif lidah api itu berkembang di ekonografi patung, dan candi-candi yang ada di .

"Dua motif ini kita gabungkan menjadi motif , itu yang utama sedangkan motif lain hanya tambahan," terang Sigit yang juga menjabat Sekretaris Tim Ahli Cagar Budaya Kabupaten .

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video