Mudahkan Investor Lakukan Pemetaan Bisnis, Kadin Apresiasi Program Pemprov Jatim | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Mudahkan Investor Lakukan Pemetaan Bisnis, Kadin Apresiasi Program Pemprov Jatim

Editor: Yudi Arianto
Wartawan: Nanang Fachrurozi
Kamis, 03 Februari 2022 21:55 WIB

Dari kiri: Ketua Umum Kadin Jatim Adik Dwi Putranto (batik biru), Wagub Jatim Emil Elestianto Dardak, dan Kepala Diskominfo Jatim Hudiyono (batik emas hitam).

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Program Pemerintah Provinsi Jawa Timur untuk mengintegrasikan seluruh data dalam dashboard "Satu Data Jatim" disambut baik dan diapresiasi Kadin Jawa Timur.

Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Jawa Timur Adik Dwi Putranto menegaskan, program tersebut memudahkan investor melakukan pemetaan dan menentukan langkah bisnisnya.

"Program Satu Data Jatim sangat dibutuhkan oleh masyarakat. Kami sangat mendukung karena penggunaan Satu Data akan sangat mudahkan masyarakat, khususnya pengusaha Jatim yang ada di dalam negeri maupun pengusaha luar negeri," ujar Adik saat acara Kopilaborasi dengan tema "Integrasi dan Digitalisasi Data Menuju Satu Data Jawa Timur", Kamis (3/2/2022).

Saat ini, data yang dimiliki Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Timur (Jatim) masih tercecer di setiap dinas dan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait. Sehingga ketika pengusaha membutuhkannya, maka mereka harus mengunjungi satu per satu situs dinas tersebut. Dengan adanya dashboard Satu Data Jatim, pengusaha bisa mengakses big data tersebut di satu pintu.

"Satu Data Jatim ini juga sangat membantu investor dalam memutuskan langkah mereka. Misalnya untuk data pertanian, saat pengusaha mengakses di dashboard Satu Data Jatim, maka semua data yang dibutuhkan dengan mudah akan ditemukan, tentang lahan, berada di ketinggian berapa, kandungan tanahnya apa, semuanya langsung bisa diketahui sehingga investor yang akan berinvestasi tahu apa yang dibutuhkan, jenis tanam dan pupuk apa yang harus digunakan. ini sangat mempermudah," ungkapnya panjang lebar

Dukungan tersebut juga ditandai dengan penandatanganan kerja sama antara Dinas Kominfo Jatim dengan Kadin Jatim tentang integrasi data yang dimiliki Kadin Jatim dalam Satu Data Jatim.

Sekadar diketahui, beberapa tahun terakhir Kadin Jatim melalui Kadin Institute secara konsisten melakukan patihan dan uji kompetensi teknis untuk tenaga kerja di seluruh Jatim. Data tersebut sudah terintegrasi dan terkoneksi langsung dengan Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP). Nantinya, data tersebut akan disinergikan dengan dashboard Satu Data Jatim.

"Kami memiliki data tenaga kerja yang berkompeten, yang telah tersertifikasi. Karena pengusaha yang ingin berinvestasi pasti membutuhkan data SDM dalam sebuah daerah untuk mengetahui tingkat kompetensi dan produktifitas tenaga kerja yang ada," ungkap Adik.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video