Anwar Sadad: Kode Genetika Masyarakat Islam Indonesia adalah Islam Moderat | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Anwar Sadad: Kode Genetika Masyarakat Islam Indonesia adalah Islam Moderat

Editor: Yudi Arianto
Wartawan: M Didi Rosadi
Jumat, 11 Februari 2022 16:51 WIB

Anwar Sadad, S.Ag, M.Ag, Wakil Ketua DPRD Jawa Timur. foto: istimewa

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Wakil Ketua DPRD Jawa Timur, menegaskan bahwa kode genetika masyarakat Indonesia adalah Wasathiyah (moderat), selalu berada di antara dua ekstrem.

Pernyataan itu disampaikan dalam acara Studium General yang digelar Institut Agama Tarbiyatut Tholabah (IAI Tabah) Lamongan, bertajuk “Membangun Kolaborasi untuk Meneguhkan Moderasi Beragama di Perguruan Tinggi” yang disiarkan secara online.

“Kalau kita lihat sejarah teologi keagamaan ada Jabariyah dan Qadariyah, ada Khawarij dan Syiah, sementara al-Asy’ariyah ada di tengah-tengah atau sikap moderat atau dikenal dengan ummatan wasatha,” terang Sadad, Jumat (11/2/2022).

Sadad mengatakan cara pandang moderat inilah yang membuat Indonesia dapat beradaptasi dengan zaman. Apalagi, setelah berakhirnya politik identitas, isu utama adalah bagaimana kita bisa hidup berdampingan dengan multi-etnis dan multi-kultural. Kesediaan untuk berkolaborasi tersebut telah dimiliki oleh watak dasar umat Indonesia.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video