Kukuhkan DK4, Bupati Kediri Tak Ingin Kasus Perusakan Situs Terulang | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Kukuhkan DK4, Bupati Kediri Tak Ingin Kasus Perusakan Situs Terulang

Editor: Revol Afkar
Wartawan: Muji Harjita
Rabu, 16 Februari 2022 21:44 WIB

Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramana saat mengukuhkan Pengurus DK4 Kabupaten Kediri periode 2022-2025. foto: ist.

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramana mengukuhkan Dewan Kesenian dan Kebudayaan Kabupaten Kediri (DK4) periode 2022-2025 di Ruang Pamenang, Pemkab Kediri, Rabu (16/2).

Dengan adanya DK4, bupati berharap hal-hal yang memiliki nilai sejarah dan budaya tinggi dapat dimonitor. Ia mengaku prihatin dengan aksi pengrusakan situs di Desa Jambean, Kecamatan Kras, baru-baru ini.

"Saya ngenes lihatnya, dipalu, dirusak begitu saja, dan saat ini belum ketemu ya pelakunya," katanya.

Karena itu, ia berharap kehadiran DK4 tidak ada lagi kasus pengrusakan situs cagar budaya. Pihaknya pun meminta kepada Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Kediri bersinergi dengan DK4.

"Dengan adanya dewan kesenian dan kebudayaan saya berharap ke depannya kejadian-kejadian seperti itu tidak terulang lagi," ungkapnya.

Ia mengungkapkan, Kabupaten Kediri memiliki kurang lebih 36 jenis kesenian yang terdaftar melalui dinas pariwisata dan kebudayaan. Selain itu, ada 1.522 organisasi dan profesi seniman serta 509 cagar budaya dan 29 adat istiadat lokal.

"Ini nanti menjadi tanggung jawab dewan kesenian dan kebudayaan untuk memonitor, jangan sampai ada situs-situs atau cagar budaya yang tidak terdaftarkan," tuturnya.

Ia meminta DK4 menjadi pengayom bagi pegiat seni dan budaya di Kabupaten Kediri. Apalagi selama 2 tahun pandemi Covid-19, pegiat seni budaya tidak bisa pentas dan mendapatkan penghasilan.

Dhito berharap keberadaan DK4 dapat memberikan pertimbangan dalam perumusan kebijakan bidang kesenian dan kebudayaan di Kabupaten Kediri.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video