Harga Terjun Bebas, Petani Porang di Kare Madiun Menjerit | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Harga Terjun Bebas, Petani Porang di Kare Madiun Menjerit

Editor: Rohman
Wartawan: Hendro Suhartono
Selasa, 22 Februari 2022 21:24 WIB

Hamparan lahan di wilayah Kecamatan Kare, Kabupaten Madiun, yang ditanami Porang oleh masyarakat sekitar dan dibiarkan karena belum ada pembeli.

MADIUN, BANGSAONLINE.com - Tanaman Porang yang tahun kemarin sempat menjadikan sebuah tanaman emas dan primadonanya para petani di wilayah Madiun kini menjadi dilema bagi mereka lantaran harganya yang terjun bebas. Lebih dari 100 hektare lahan yang telah ditanami Porang tidak dipanen karena harga yang sangat rendah.

"Menawi panen sak Niki mboten wonten engkang purun numbas mas. Terose pabrik tutup (Kalau panen sekarang tidak ada yang mau membeli. Katanya pabriknya tutup)," kata salah satu petani porang di Kecamatan Kare, Kabupaten Madiun, Rokhim, Selasa (22/2).

Walau tahun kemarin ada fasilitas menarik dari perbankan yang mengatakan bahwa para petani porang diberi kemudahan dengan bunga ringan dan waktu pembayaran yang panjang. Bila keadaan  tetap seperti ini, petani porang bakal menjerit dan merintih kesakitan.

"Konco petani awale modale ngampil bank. Niki mpun wancine mbalekne. Nek kados ngene mbalekne damel nopo lho (para petani modal awalnya pinjam bank. Tapi kalau seperti mengembalikannya pakai apa)," tuturnya.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video