Perang Rusia-Ukraina Berdampak pada Harga Minyak dan Dolar? Apa Saja Ekspor-Impor Jatim | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Perang Rusia-Ukraina Berdampak pada Harga Minyak dan Dolar? Apa Saja Ekspor-Impor Jatim

Editor: Tim
Wartawan: Nanang Fachrurozi
Sabtu, 26 Februari 2022 19:01 WIB

Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Jawa Timur Adik Dwi Putranto. Foto: Ist.

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Mengantisipasi dampak kenaikan dunia dan kenaikan nilai tukar dolar akibat perang antara Rusia dengan Ukraina, Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Jawa Timur, Adik Dwi Putranto, mengingatkan seluruh stakeholder agar bisa menjaga inflasi dalam negeri.

"Sebenarnya kalau dampak langsung hampir tidak ada, karena nilai ekspor dan impor Jatim ke dua negara tersebut sangat kecil. Tetapi ada kemungkinan kenaikan dunia dan kenaikan nilai tukar dolar yang dikhawatirkan akan bisa mempengaruhi inflasi dalam negeri karena adanya kenaikan harga berbagai komoditas dan jasa," ujar Adik Dwi Putranto di Surabaya, Sabtu (26/2/2022).

Adik mengungkapkan, Rusia adalah salah satu negara penghasil minyak yang cukup besar di dunia. Dengan terkendalanya pasokan minyak dari Rusia selama peperangan, maka besar kemungkinan dunia akan naik. Sehingga ada dua alternatif yang harus dipilih oleh pemerintah, pertama menaikkan harga bahan bakar minyak (BBM) dalam negeri atau dengan meningkatkan subsidi.

"Walaupun kenaikan dunia ini juga memberikan angin segar untuk industri migas dalam negeri. Dan pastinya juga akan meningkatkan pendapatan negara bukan pajak yang berasal dari migas," lanjutnya.

Selain bisa mengakibatkan kenaikan dunia, perang antara Rusia dan Ukraina juga diperkirakan mengakibatkan naiknya nilai tukar dolar terhadap rupiah karena masyarakat dunia berpotensi melakukan spekulasi dengan membeli dolar.

"Tetapi pantauan saya sampai hari ini, posisi rupiah masih kuat. Hari ini rupiah ditutup naik 0,19 persen ke level Rp 14.364 per dolar USS. Semoga saja rupiah tetap perkasa dan tidak mengalami gejolak," tandasnya.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video