Masuk Nominasi UNESCO, Gubernur Khofifah Ajak Masyarakat Promosikan Reog Ponorogo | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Masuk Nominasi UNESCO, Gubernur Khofifah Ajak Masyarakat Promosikan Reog Ponorogo

Editor: Rohman
Wartawan: Devi Fitri Afriyanti
Minggu, 27 Februari 2022 18:59 WIB

Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa, saat menghadiri acara Kenduri Seni Reog Ponorogo di Pendopo Kabupaten Ponorogo.

PONOROGO, BANGSAONLINE.com - Kesenian Ponorogo menjadi nominasi tunggal Warisan Budaya Tak Benda (/ICH) yang akan diusulkan Indonesia ke United Nations Educational, Scientific, and Cultural Organization (). Sebelumnya, Ponorogo telah tercatat sebagai oleh Mendikbud RI pada 2013.

Gubernur Jawa Timur (Jatim), Khofifah Indar Parawansa, mendukung penuh dan mengajak semua masyarakat Indonesia turut memberi dukungan baik melalui testimoni maupun dukungan melalui sosial media. Ponorogo diharapkan berhasil lolos sebagai Warisan Budaya Tak Benda , sehingga kesenian kebanggaan masyarakat Ponorogo serta tanah air ini akan semakin mendunia dan membawa nama baik Indonesia.

“Kenapa disebut nominasi tunggal, karena memang hanya ada di Ponorogo. Kalaupun dimainkan di Medan atau di Makassar misalnya, ya namanya tetap Ponorogo, bukan Medan dan seterusnya. Saya yakin bahwa kesenian Ponorogo telah memiliki nilai luar biasa sebagai syarat untuk mendapatkan pengakuan sebagai warisan budaya tak benda dunia dari ,” ujarnya saat acara Kenduri Seni Ponorogo di Pendopo Kab. Ponorogo, Sabtu (26/2) malam.

Dalam seleksi wawancara dengan , juga telah memberikan penjelasan terkait penggunaan bulu merak dan kulit harimau dalam kesenian ini, yang mana bulu merak tersebut bukan dicabut, akan tetapi memang dalam kurun waktu tertentu bulu merak tersebut lepas sendiri dari tubuh Merak.

“Kemudian yang belasan tahunan lalu menggunakan kulit harimau saat ini sudah diganti kulit kambing yang kemudian diformat seperti kulit harimau. Kalau dua hal ini sudah terjawab dan meyakinkan , InsyaAllah Ponorogo akan lolos sebagai Warisan Budaya Tak Benda ,” kata Khofiufah.

Untuk itu, ia mengajak seluruh masyarakat Jatim terutama kepada para pegiat media sosial (medsos) untuk memberikan dukungan pada Ponorogo agar lolos sebagai warisan budaya tak benda . Caranya, dengan mempromosikan dan memviralkan melalui media sosial dan kanal youtube.

“Saya yakin banyak masyarakat Jatim terutama kaum muda ini yang sering bermedia sosial. Bahkan banyak yang jadi youtuber. Nah mulai sekarang kita bisa mempromosikan kebudayaan kita, kesenian kita. Salah satunya Ponorogo ini dengan mengunggah di media sosial agar semakin dikenal luas di dunia,” paparnya.

Menurut Khofifah, pengajuan Ponorogo ke dalam Warisan Budaya Tak Benda ini menjadi bagian penting sebagai upaya menjaga hak kekayaan intelektual. Dengan pengajuan ini, hal ini menjadi bagian dalam menjaga agar seni khas Indonesia ini tidak diklaim oleh negara lain.

“Ketika dilakukan proses identifikasi kemudian diusulkan sebagai warisan budaya tak benda semoga akan menjadi unggulan yang diajukan oleh pemerintah Indonesia sehingga seluruh inisiator dan proses budaya yang luar biasa oleh masyarakat Ponorogo menjadi mendunia. Mohon doa dari kita semua , tidak hanya warga Ponorogo tapi semua di antara kita masyarakat Jatim, masyarakat Indonesia bisa saling memberikan support," urai Khofifah.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video