Rawan Longsor, Tim FPRB Kabupaten Kediri Mitigasi Tebing di Dusun Kalibago

Editor: Revol Afkar
Wartawan: Muji Harjita
Senin, 07 Maret 2022 14:39 WIB

Kondisi tanah retak yang telah ditutupi terpal sebagai antisipasi longsor. Tampak beberapa rumah penduduk di bawahnya. foto: MUJI HARJITA/ BANGSAONLINE

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Permukiman penduduk di Dusun Kalibago, , Kecamatan Grogol, Kabupaten Kediri, sudah beberapa bulan ini dihantui tanah longsor dan longsoran batu dari lereng Gunung Wilis. Pasalnya, lereng tebing di Dusun Kalibago itu sudah mengalami retak.

Sebelumnya, tim gabungan yang terdiri dari URC BPBD Kabupaten Kediri, , Pemerintah , TSBD (Tim Siaga Bencana Desa) Kalipang, babinsa, dan bhabinkamtibmas, sudah menutup titik tanah yang retak menggunakan terpal, guna mengantisipasi longsor.

Belum tuntas masalah tanah retak, warga Dusun Kalibago dikejutkan lagi dengan adanya batu besar yang menggelinding dari atas bukit tepat di atas permukiman penduduk. Untungnya, batu besar tersebut nyangkut di akar pohon besar. Sehingga untuk sementara, keadaan dinyatakan aman.

Ketua TSBD Kabupaten Kediri, Kamid, mengatakan tanah retak di Dusun Kalibago berpotensi menyebabkan longsor bila tidak segera diambil tindakan. Apalagi, ada beberapa rumah di bawah retakan tanah tersebut.

"Untuk mengantisipasi longsor, tanah retak yang berada di depan rumah warga itu sudah ditutup terpal, agar air hujan tidak bisa masuk," kata Kamid, Senin (7/3/22).

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video