DK4 Minta Pemkab Kediri Pulangkan Ratusan Benda Purbakala yang Tersebar di Indonesia | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

DK4 Minta Pemkab Kediri Pulangkan Ratusan Benda Purbakala yang Tersebar di Indonesia

Editor: Rohman
Wartawan: Muji Harjita
Selasa, 08 Maret 2022 16:00 WIB

Prasasti Harinjing yang sampai saat ini masih berada di Museum Nasional Indonesia, Jakarta. Foto: Ist

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Sedikitnya ada 500 benda purbakala milik Kabupaten sampai saat ini belum bisa dipulangkan. Sebab, belum ada museum yang representatif untuk menempatkan benda purbakala sejak abad ke-10 itu.

Ketua Dewan Kesenian dan Kebudayaan Kabupaten (DK4), Imam Mubarok, meminta pemerintah daerah setempat untuk memulangkan ratusan benda purbakala yang tersebar di beberapa daerah itu.

"Jika bisa dibawa pulang ini akan menjadi sejarah. Bupati ke-25 itu bisa membawa pulang (benda purbakala), tidak hanya Harinjing, semuanya nanti kami berharap bisa dibawa pulang,” ujarnya, Selasa (8/3).

Dari beragam benda purbakala, ada  yang menjadi dasar Hari Jadi Kabupaten . Imam menuturkan, prasasti ini berada di  dan belum bisa dibawa pulang lantaran ada prasyarat khusus. Yakni, harus berkirim surat kepada presiden. Ia mengaku telah menyampaikan hal itu ke Bupati , Hanindhito Himawan Pramana.

Menanggapi persoalan ini, Dhito mengatakan bahwa Kabupaten memang harus memiliki museum yang memadai agar ratusan benda purbakala itu bisa dibawa pulang.

“Saya pinginnya Museum nanti seperti Ullen Sentalu Museum di Sleman Yogyakarta. Sebab yang dimiliki oleh Kabupaten dari peninggalan masa lalu sangat luar biasa, sehingga harus dibangun yang luar biasa pula,” katanya.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video