Mendes PDTT Hadiri Rakornas Transmigrasi 2022 | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Mendes PDTT Hadiri Rakornas Transmigrasi 2022

Editor: Rohman
Wartawan: Nanang Fachrurozi
Rabu, 09 Maret 2022 14:51 WIB

Mendes PDTT, Abdul Halim Iskandar, saat berada di Rakornas Transmigrasi.

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT), , menghadiri Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Transmigrasi 2022 yang berlangsung selama tiga hari di Surabaya, Jawa Timur (Jatim). 

Ia menegaskan bahwa pihaknya berkomitmen untuk mengimplentasikan Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 50 Tahun 2018 tentang Koordinasi dan Integrasi Penyelenggaraan Transmigrasi dengan mengandeng Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Jatim.

(sapaan akrab Mendes PDTT) menyebut kebijakan nasional pembangunan dan pengembangan kawasan transmigrasi tahun 2020 hingga tahun 2024, sebagaimana diamanatkan RPJMN, difokuskan pada revitalisasi kawasan transmigrasi, khususnya di 52 kawasan transmigrasi Prioritas Nasional.

"Keberhasilan pelaksanaan kebijakan revitalisasi kawasan transmigrasi ini, sudah pasti tidak bisa dicapai dan ditentukan sendiri oleh , butuh kolaborasi dengan banyak pihak, baik dengan kementerian/lembaga, pemerintah daerah, maupun swasta," ujarnya, Rabu (9/3).

Menurut dia, Perpres Nomor 59 Tahun 2017 tentang Pelaksanaan Pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs) menekankan tentang 'No One Left Behind'. Pada prinsipnya,  lanjut , pembangunan harus bersifat inklusif tanpa satu orang pun yang tertinggal dalam aktivitas pembangunan dan berkomitmen mendukung program yang ada dengan unsur lokalitas Desa.

"Upaya terpadu tersebut dikemas dalam SDGs Desa. SDGs Desa memiliki 18 tujuan dan 222 indikator sasaran yang mencakup aspek kewargaan, kewilayahan, serta kelembagaan desa," ungkapnya.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video