Tingkatkan Ekonomi Masyarakat, PWI Jatim dan Lamongan Salurkan Sertifikat P-IRT untuk UMKM | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Tingkatkan Ekonomi Masyarakat, PWI Jatim dan Lamongan Salurkan Sertifikat P-IRT untuk UMKM

Editor: Rohman
Wartawan: Nur Qomar Hadi
Rabu, 09 Maret 2022 18:30 WIB

Ketua PWI Jatim, Lutfil Hakim, dan Sekda Lamongan, Moh Nalikan, usai menyerahkan sertifikat P-IRT untuk UMKM di Aula Lesung Sipanji Dinas Kesehatan Lamongan.

LAMONGAN, BANGSAONLINE.com - Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Jawa Timur (Jatim) dan Kabupaten Lamongan bersama pemerintah daerah setempat menggelar kegiatan pengurusan Sertifikat Pangan Industri Rumah Tangga (P-IRT). Agenda ini dilakukan dalam rangka memperingati Hari Pers Nasional (HPN) 2022 di Jatim dan untuk meningkatkan ekonomi di Kota Soto.

Peringatan di Jatim mendapat dukungan penuh dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lamongan. Sekretaris Daerah Kabupaten Lamongan, Moh Nalikan, mengatakan bahwa usaha kecil mendapatkan banyak sekali manfaat dengan mengantongi legalitas P-IRT, karena para pelaku industri kecil menengah (IKM) dan usaha mikro kecil menengah (UMKM) bisa memperluas pemasaran serta penjualan produknya.

“Saya mewakili Bupati Lamongan mengapresiasi kolaborasi semua pihak, tak terkecuali PWI Jatim dan Lamongan dalam menaikkan sektor ekonomi. Inilah pentingnya kolaborasi untuk merumuskan bagaimana arah ekonomi yang akan kita ambil dalam meningkatkan perekonomian di Lamongan. Selain itu pentingnya legalitas ini diperlukan untuk memberi jaminan kualitas produk kepada para konsumen. Sehingga kualitas yang ditawarkan dapat memiliki nilai lebih,” ujarnya, Rabu (9/3).

Pada 2021, Pemkab Lamongan melalui dinas perindustrian dan perdagangan telah memberikan fasilitasi P-IRT sebanyak 106 IKM dan merek sebanyak 7 IKM, sejumlah 50 IKM naik kelas pada awal tahun ini, dari yang awalnya berstatus industrI kecil ke menengah. Menurut Nalikan, pers selama ini menjadi bagian tak terpisahkan dari pembangunan di Kabupaten Lamongan.

Bahkan, Bupati Lamongan, Yuhronur Efendi, menerima penghargaan anugerah kebudayaan dari PWI pusat pada puncak di Kendari. Apresiasi itu diberikan karena Lamongan mampu dan tetap mempertahankan budayanya di tengah kemajuan teknologi.

, Bachtiar Febrianto, mengungkapkan kegiatan pengurusan P-IRT tak lain untuk mendorong kebangkitan ekonomi pascapandemi. Dengan adanya kegiatan tersebut ekonomi dapat bangkit dan masyarakat bisa hidup lebih layak.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video