Surabaya Kriya Gallery Hadirkan Produk UMKM Berkelas

Editor: Rohman
Wartawan: Yudi Arianto
Rabu, 09 Maret 2022 22:53 WIB

Wali Kota Surabaya, Eri Cahyadi, saat berada di Surabaya Kriya Gallery.

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Produk UMKM di Kota Surabaya tak kalah menarik dengan kualitas asal luar negeri, berbagai jenis produk tersebut bisa dibeli melalui (). Tak hanya berupa produk makanan dan minuman, di sana juga ada beragam aksesoris menarik dan pakaian untuk dibeli.

Sebagai pusat oleh-olehnya UMKM berkelas di , Reborn diresmikan , . Dalam agenda tersebut, hadir pula Ketua Dewan Kerajinan Nasional Indonesia (Dekranasda), , dan jajaran Forkopimda Surabaya.

Eri menginginkan agar tak hanya sekadar menjadi ruang pameran atau penjualan produk UMKM, diharapkan menjadi ruang inkubasi UMKM untuk menaikkan kelas dan pemasaran. Ada pendampingan, riset pasar, product development, dan sebagainya semua dipusatkan melalui .

"Di kita juga beri pelatihan bagaimana memasarkan produk lewat digital dan lain sebagainya. Karena saya ingin ke depannya UMKM ini bisa melek digital," ujarnya melalui keterangan tertulis yang diterima BANGSAONLINE.com, Rabu (9/3).

Pada tahun ini, Eri juga mencanangkan 250 ribu onboarding atau go digital. Ribuan produk itu akan terus didorong masuk ke semua lini marketplace dan pasar global. 

"Saya sudah canangkan target 250 ribu UMKM onboarding alias go digital tahun ini. Memasuki semua lini di marketplace," kata Mantan Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Kota (Bappeko) Kota Surabaya itu.

Ia menyebut, UMKM memiliki peranan besar bagi pertumbuhan ekonomi . Hal itu tercatat pada kinerja pertumbuhan ekonomi Surabaya yang mengalami peningkatan dari tahun 2020 terkontraksi minus 4,85 persen melompat ke angka 4,29 persen pada 2021, dan itu melampaui kinerja pertumbuhan ekonomi nasional 3,69 persen dan bahkan Jawa Timur 3,57 persen.

"Karena peran UMKM ini besar, maka pemkot memberikan fasilitas. Kalau tempatnya nyaman seperti ini, barangnya bagus, pasti dituku (dibeli). Jadi, pemerintah jangan sampai habis memberikan pelatihan kemudian dibiarkan begitu saja. Tapi harus kita bina hingga produknya bernilai tinggi," paparnya.

Reborn menjadi bagian dari komitmen mewujudkan program padat karya. Selain bertujuan menggerakkan kembali roda perekonomian pascapandemi Covid-19, sekaligus untuk mendorong kualitas produk UMKM lebih berkelas. 

Untuk mencapai tujuan besar itu semuanya harus diawali dari hal-hal yang kecil. Eri yakin, produk yang hadir di Reborn ke depan akan mampu menguasai pangsa pasar global, seperti Amazon, Google, Apple, dan Walt Disney, bisnis-bisnis yang diawali dari garasi itu, kini dikenal oleh masyarakat luas dan menguasai pasar global.

"Maka UMKM jangan berkecil hati, dimulai dari langkah kecil ini, dengan Reborn kita yakin bisa menggapai cita-cita besar seperti yang dilakukan oleh perusahaan-perusahaan raksasa tersebut," tuturnya.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video