Tafsir Al-Hijr 33-34: Wanita Desa Menutup Tujuh Pintu Neraka | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Tafsir Al-Hijr 33-34: Wanita Desa Menutup Tujuh Pintu Neraka

Editor: Revol
Kamis, 09 April 2015 01:35 WIB

Ilustrasi

Oleh: KH. Musta'in Syafi'ie...

BANGSAONLINE.com - Setelah bersitegang dengan Iblis, akhirnya Tuhan memutus Iblis dan kroninya harus masuk neraka jahannam. Diberitakan, neraka itu punya tujuh pintu dengan spesifikasi dan penjaga sendiri-sendiri. Kaum pendurhaka masuk sesuai jenis kemaksiatan yang ditekuni masing-masing. Ada yang masuk melalui pintu satu, dua dan seterusnya. Seperti apa kondisi pintu-pintu neraka itu?

Hithan ibn Abdillah al-Rafasyi bertutur, bahwa Ali ibn Abi Thalib pernah menguji dirinya: "Hai sobat, apa kalian mengerti, seperti apa pintu-pintu Jahannam itu?". Mereka menjawab: "gimana lagi, ya kayak pintu rumah kita". Ali: "Tidak, melainkan berposisi vertikal, kayak rumah bertingkat. Pintu satu di atas pintu yang lain".

Al-Tsa'laby menambahkan, bahwa struktur bangunan neraka itu bersap-sap, dari lantai satu hingga tujuh. Lantai paling bawah adalah Jahannam, di atasnya bernama Huthamah, lalu Saqar, al-Jahim, Ladha, al-Sa'ir dan paling atas bernama Hawiyah. Masing-masing tingkat punya menu siksaan sendiri-sendiri. Kadar pedihnya berlipat 70 kali untuk masing-masing tingkatan. Paling mengerikan adalah lapisan terbawah, yakni Jahannam yang dikenal dengan julukan "al-Dark al-Asfal min al-nar".

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video