Jadi Keynote Speaker Seminar HPN 2022 di Lamongan, Wagub Jatim Beber Solusi Atasi Kemiskinan Ekstrem | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Jadi Keynote Speaker Seminar HPN 2022 di Lamongan, Wagub Jatim Beber Solusi Atasi Kemiskinan Ekstrem

Editor: Rohman
Wartawan: Nur Qomar Hadi
Rabu, 16 Maret 2022 20:51 WIB

Wagub Jatim, Emil Elestianto Dardak, saat menjadi keynote speaker dalam Seminar Nasional di Lamongan.

LAMONGAN, BANGSAONLINE.com - Wakil Gubernur (Wagub) Jawa Timur (Jatim), Emil Elestianto Dardak, menjadi keynote speaker dalam Seminar Nasional bertajuk 'Solusi '. Agenda tersebut merupakan rangkaian agenda peringatan Hari Pers Nasional (HPN) 2022.

Ia mengatakan bahwa pemberdayaan masyarakat sangat dominan sebagai upaya untuk mengentas ekstrem dan harus ada kolaborasi dengan pemberian bantuan sosial. Selain itu, pemetaan kantong-kantong juga diharapkan dapat mengurai permasalahan ini di Jatim.

“Kita harus bergeser dari konsep charity ke basis pemberdayaan dalam penanganan ekstrem. Maka yang paling mungkin adalah memetakan kantong-kantong , seperti hibah tanah tandus yang kemudian diubah menjadi embung, secara otomatis dapat menjadi irigasi area persawahan petani sekitar, ini yang saya maksud dengan pemberdayaan," ujarnya, Rabu (16/3).

Emil menjelaskan, seseorang dikatakan miskin ekstrem jika memiliki pengeluaran untuk pangan dibbawah US $1,9 PPP (Purchasing Power Parity) atau setara Rp400 ribu. Dengan demikian, bansos yang diberikan pemerintah pusat, provinsi, maupun daerah, dapat menambah pendapatan para keluarga miskin sehingga bisa keluar dari garis .

Ia menyebut, lebih dari 2,4 juta penerima bansos dan 21.900 di antaranya berasal dari Kabupaten . Menurut dia, hal ini merupakan problem di lapangan, baik itu Inclusion Error maupun Exclusion error, pihaknya terus mengupayakan penyemburnaan dan peningkatan akurasi Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS).

Tak hanya ekstrem, banjir yang terjadi di wilayah Sungai Lamong dan Bengawan Jero juga tak luput dari perhatian orang nomor dua di Jatim ini. Ia menuturkan, berbagai upaya telah dilakukan oleh pemerintah provinsi maupun kabupaten agar permasalahan banjir segera terselesaikan.

“Berbagai upaya terus dilakukan, kemarin Pak Bupati Yuhronur juga telah melakukan audiensi bersama warga dan disepakati untuk sudetan dan pembongkaran Dam, Kami terus mengawal dana pusat karena masuk wewenang pemerintah pusat. Ayo PWI kami dibantu mengawalnya,” tuturnya.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video