Dukung Ketahanan Pangan Nasional, Lapas Kelas IIA Pamekasan Gelar Panen Raya Padi | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Dukung Ketahanan Pangan Nasional, Lapas Kelas IIA Pamekasan Gelar Panen Raya Padi

Editor: Rohman
Wartawan: Dimas MS
Kamis, 17 Maret 2022 21:43 WIB

Suasana saat panen raya padi yang digelar Lapas Kelas IIA Pamekasan.

PAMEKASAN, BANGSAONLINE.com menggelar di lahan Sarana Asimilasi dan Edukasi (SAE) Nato Farm Camp, Kamis (17/3). Selain itu, lapas yang dipimpin Seno Utomo itu juga melaunching penjualan perdana 8.000 paving blok hasil karya warga binaannya.

Dalam sambutannya, Seno mengatakan bahwa pelaksanaan di sawah 1,5 hektare itu juga untuk mendukung program ketahanan pangan nasional di Kabupaten Pamekasan. Program tersebut merupakan sarana asimilasi dan edukasi bagi para narapidana di , sehingga bisa berguna bagi nusa dan bangsa.

"Biarpun hasilnya kecil, paling tidak ikut menggerakkan perekonomian di Kabupaten Pamekasan. Sedangkan pembuatan paving blok secara manual ini merupakan rintisan saya sendiri yang baru 2 bulan setengah ditugaskan di sini. Sampai kemarin sudah bisa menghasilkan 8 ribu dan sudah terjual yang sebentar lagi akan diberangkatkan ke daerah Jawa Tengah," ujarnya.

Selain sawah, juga terdapat pembinaan kemandirian peternakan dan pengelolaan limbah domestik. Para waga binaan diajari proses budi daya ikan, sapi, kambing dan ayam, sedangkan limbah rumah tangga diolah menjadi pupuk kompos.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video