Ritual Larung Sesaji, Wujud Syukur Warga Atas Keberkahan Telaga Sarangan | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Ritual Larung Sesaji, Wujud Syukur Warga Atas Keberkahan Telaga Sarangan

Editor: Rohman
Wartawan: Anton Suroso
Jumat, 18 Maret 2022 22:25 WIB

Prosesi Ritual Larung Sesaji di Telaga Sarangan yang dilakukan warga setempat. Foto: ANTON SUROSO/BANGSAONLINE

MAGETAN, BANGSAONLINE.com - Warga Kelurahan, Kecamatan Plaosan, Kabupaten Magetan, melestarikan adat dan budaya peninggalan para leluhur dengan menggelar acara tahunan yang dilakukan secara turun temurun di tengah , yakni , Jumat (18/3).

Buceng atau tumpeng yang biasa disebut warga setempat sebagai Gono Bau dan berbagai kelengkapanya diarak dari kantor Kelurahan menuju , kemudian dilarung atau ditenggelamkan di tengah telaga seluas 30 hektare dengan kedalaman 28 meter itu.

"Ini adalah kegiatan adat labuhan sarangan yang digelar oleh warga dan sekitarnya. Karena situasi masih pandemi acara ini kita gelar sedemikian aman atau orang luar tidak boleh masuk," kata Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Magetan, Joko Trihono.

Sementara itu, ketua panitia adat , Sunardi, menjelaskan bahwa acara rutin dilakukan setiap tahun tersebut adalah prosesi yang digelar warga sekitar objek wisata sebagai wujud syukur atas keberkahan dari Tuhan Yang Maha Esa.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video