Kajati Jatim Resmikan Rumah Restorative Justice di Kota Batu | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Kajati Jatim Resmikan Rumah Restorative Justice di Kota Batu

Editor: Rohman
Wartawan: Adi Wiyono
Rabu, 23 Maret 2022 17:29 WIB

Kajati Jatim, Mia Amiati, saat meresmikan Rumah Restorative Justice di Balai Desa Pandanrejo, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu.

KOTA BATU, BANGSAONLINE.com - Kepala Kejaksaan Tinggi Jawa Timur (Kajati Jatim), , secara simbolis meresmikan Rumah Restorative Justice (RJ) '' di Balai Desa Pandanrejo, Kecamatan Bumiaji, , Rabu (23/3). Pondok Saduluran diharapkan dapat menjadi contoh untuk menghidupkan kembali peran para tokoh masyarakat, agama, dan adat bersama penegak hukum-khususnya Jaksa-dalam proses menegakkan hukum yang berorientasikan pada keadilan substantif.

Ia pun berharap, pembentukan Rumah RJ menjadi suatu terobosan yang tepat, karena dalam hal ini akan menjadi sarana penyelesaian perkara di luar persidangan. Di wilayah hukum Kejati Jatim, kata Mia, rumah RJ yang sudah diresmikan ada 10.

"Ini adalah sebagai solusi alternatif memecahkan permasalahan penegakan hukum tertentu yang belum dapat memulihkan kedamaian dan harmoni dalam masyarakat seperti sebelum terjadinya tindak pidana," ujarnya.

Ia ingin, Rumah RJ dapat menjadi pilot project yang nantinya dapat ditiru dan dikembangkan di Kejari lain. Dengan demikian, kehadiran Rumah RJ dapat menjadi rujukan penegak hukum untuk mengedepankan nilai-nilai kearifan lokal dalam proses penyelesaian perkara.

"Saya juga mengharapkan Rumah RJ ini dapat menjadi sarana bagi masyarakat untuk mendapatkan pengetahuan dan pemahaman secara komprehensif tentang manfaat dari penyelesaian tindak pidana melalui konsep . Semangat membangun Rumah RJ janganlah terjadi hanya pada saat acara peluncurannya saja, oleh karena itu, kepada para Kejati, Kejari perlu saya ingatkan bahwa menghadirkan keadilan substantif pada masyarakat adalah kewajiban, tugas, dan tanggung jawab kita," paparnya.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video