WBL Sumbang PAD Hampir Rp 100 Miliar | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Sejak 2004, WBL Sumbang PAD Hampir Rp 100 Miliar

Editor: Revol
Wartawan: Haris
Jumat, 10 April 2015 15:10 WIB

Salah satu wahana wisata WBL. (Haris/BANGSAONLINE)

LAMONGAN (BANGSAONLINE.com) - Sejak mulai beroperasi secara penuh di akhir tahun 2004, sudah hampir Rp 100 miliar setoran PAD yang didapatkan dari kawasan wisata Bahari Lamongan (WBL). Ini adalah buah manis dari desentralisasi yang memberi peluang bagai pemerintah daerah untuk melakukan kerjasama dengan pihak ketiga.

Hingga saat ini pula, pola kerjasama yang sangat menguntungkan Lamongan ini terus menjadi rujukan bagi daerah lain untuk menapaki jalan yang sama. Terakhir, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Lumajang Gawat Sudarmanto bersama beberapa orang stafnya belajar langsung dari Bupati Fadeli.

Mereka diterima beraudiensi dengan Fadeli kemarin (9/4) di ruang kerja Bupati Lamongan. Turut hadir disana perwakilan Pemkab Lamongan di jajaran manajerial WBL Aris Wibawa dan Sekretaris Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Lamongan Rudi Gumilar serta Kabag Humas dan Infokom Sugeng Widodo.

Gawat menyebut kepala daerahnya memiliki keinginan kuat untuk mengembangkan potensi wisata alam yang begitu banyak di Lumajang. DPRD juga siap memberi dukungan. Karena itu dia merasa perlu belajar ke Lamongan yang telah terbukti sukses mengelola industri wisatanya.

Fadeli menjelaskan, pola kerjasama yang dilaksanakan PT Bunga Wangsa Sejati, yang juga pengelola Jatim Park Malang, adalah Build Operate Transfer (BOT). Dalam kerjasama tersebut, sharing dari Pemkab Lamongan 45 persen dan dari investor 55 persen.

Kala itu, lanjut dia, sharing modal yang disertakan sebesar Rp 29.250.000.000. Sementara dari investor sebesar Rp 35.750.000.000.

"Pengelolaannya kami serahkan secara penuh kepada investor yang lebih profesional. Jika diserahkan kepada SKPD (Dinas Kebudayaan Pariwisata), saya yakin kami hanya akan berhenti pada membangun saja, sementara pengelolaannya pasti tidak akan berjalan baik. Untuk itu didirikan perusahaan baru, PT Bumi Lamongan Sejati, dengan Pak Aris Wibawa sebagai direktur, " ujarnya menunjuk Aris yang saat ini juga menjabat sebagai Kepala Bappeda tersebut.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video