Inilah Penampakan Hilal pada Malam Awal Ramadan, Apa Sih Hilal itu? | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Inilah Penampakan Hilal pada Malam Awal Ramadan, Apa Sih Hilal itu?

Editor: MMA
Minggu, 03 April 2022 21:25 WIB

Penampakan hilal malam awal Ramadan hasil rukyatul hilal Bengkel Falak Indonesia di POB Sunan Kaliwining Jember Jawa Timur. Foto: bangsaonline.com

SURABAYA, BANGSAONLINE.com – Umat Islam, selain bahagia karena bertemu kembali dengan bulan suci , juga heboh akibat penentuan awal puasa yang berbeda. Yang menarik, perhatian semua orang tersedot pada .

Apa sih itu? Hilal adalah bulan sabit muda pertama yang dapat dilihat setelah terjadinya konjungsi pada arah dekat matahari terbenam yang menjadi acuan permulaan bulan dalam kalender Islam. Terlihatnya menjadi penentu bagi awal puasa .

Selain sebagai tanda awal bulan , penampakan juga jadi penanda Hari Raya Idul Fitri. Jadi Hari Raya Idul Fitri bisa dipastikan setelah tampak yang berarti menandai 1 Syawal.

Biasanya diamati pada hari ke-29 dari bulan Islam untuk menentukan apakah hari berikutnya sudah terjadi pergantian bulan atau belum.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video