Penanganan Banjir di Bengawan Jero Lamongan, BBWS Usulkan Anggaran Rp65 Miliar | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Penanganan Banjir di Bengawan Jero Lamongan, BBWS Usulkan Anggaran Rp65 Miliar

Editor: Rohman
Wartawan: Nur Qomar Hadi
Rabu, 13 April 2022 18:44 WIB

Suasana rapat koordinasi untuk penanganan banjir di Bengawan Jero, Lamongan.

LAMONGAN, BANGSAONLINE.com , , menggelar rapat koordinasi bersama Kepala Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Bengawan Solo, . Berbagai pembahasan dilakukan dalam agenda tersebut, dan menghasilkan konsep penanganan banjir Bengawan Jero.

“Perlu saya sampaikan bahwa tindaklanjut dari penanganan jangka pendek seperti normalisasi Kali Dinoyo pada titik kritis sudah dilakukan pada Januari lalu. Kami juga sudah mengusulkan dana sebesar Rp 65 miliar untuk pembangunan total pintu ," kata Agus.

"InsyaAllah kalau sudah tertutup akan efektif mengeluarkan air. Kemudian yang kedua untuk penambahan kapasitas pompa dan normalisasi . Ini usulan prioritas yang sangat urgen untuk penanganan secara permanen,” imbuhnya.

Selain mengusulkan alokasi dana prioritas, ia mengusulkan normalisasi untuk empat sungai yakni Kali Blawi, Malang, Corong dan Mireng (BMCM) serta biaya operasional dan pemeliharaan selama satu tahun yang membutuhkan dana 318 Milyar.

“Jika disetujui semua mencapai 383 Milyar. Bisa untuk normalisasi, gravitasi pembangunan pintu kuro, penambahan pompa dan lainnya,” tuturnya.

Agus juga mengungkapkan berbagai skema, baik jangka pendek hingga jangka panjang untuk menangani banjir di Bengawan Jero agar banjir di Kabupaten Lamongan segera teratasi secara permanen.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video