Hadirkan Toserba, Ponpes Sunan Drajat Wujudkan Kemandirian Ekonomi Pesantren | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Hadirkan Toserba, Ponpes Sunan Drajat Wujudkan Kemandirian Ekonomi Pesantren

Editor: Rohman
Wartawan: Nur Qomar Hadi
Senin, 18 April 2022 19:14 WIB

KH Abdul Ghofur dan Bupati Lamongan, Yuhronur Efendi, saat menggunting pita peresmian dibukanya Toserba Sunan Drajat.

LAMONGAN, BANGSAONLINE.com - Pondok Pesantren (Ponpes) Sunan Drajat resmi menghadirkan Toserba berkonsep Mal tiga lantai yang dikelola dengan sistem koperasi. Hal itu sebagai upaya untuk mendongkrak perekonomian serta memfasilitasi dan mensuplai kebutuhan pokok masyarakat di Jalur Pantura dengan harga yang stabil.

"Alhamdulillah, pada kesempatan kali ini dihadiri oleh 17 pesantren dari luar Lamongan. Ini adalah hal yang kita tunggu, Toserba milik sudah bisa beroperasional," kata Direktur Operasional Koperasi Syarikat Bisnis Pesantren (KSBP) Jatim, Anas Alhifni, Senin (18/4/2022).

"Dalam pengelolaanya, kami bekerja sama dengan produk-produk para santri di seluruh Indonesia. Mudah-mudahan adanya 'Toserba' ini menjadi kemandirian bagi pondok pesantren. Sejak awal dibukanya, telah ada 1.000 lebih pengunjung," paparnya menambahkan.

Toserba tiga lantai ini menghadirkan beberapa konsep, di lantai bawah dengan konsep retail, lantai 2 setengah mal, dan lantai ketiga konsep mal. Pengasuh , mengaku bersyukur lantaran dapat menjalankan amanah.

"Hari ini harus segera menata sistem koperasi Ponpes. Monggo kita terbuka untuk menjadi jujukan study banding dengan keinginan besar kami agar kemandirian Pondok Pesantren dapat terwujud," tuturnya.

Sementara itu, Deputi Perwakilan Bank lndonesia (BI) Jawa Timur (Jatim), Harmanta, yakin dengan potensi yang dimiliki . Saat ini, Bank Indonesia telah memiliki kawasan khusus Syariah dan selalu mendukung program-program sejumlah ponpes di Jatim.

"Saya kira Toserba ini jelas memperkuat keuangan syari'ah. Kita bersama ingin terus maju untuk tumbuh kembangkan pereekonomian," ucap Harmanta.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video