Kemenlu: Kopi Bondowoso akan Diikutkan Even World Food Expo di Moskow | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Kemenlu: Kopi Bondowoso akan Diikutkan Even World Food Expo di Moskow

Editor: Rosihan/Revol
Wartawan: Sugiyanto
Selasa, 14 April 2015 19:25 WIB

Kepala Dinas Kehutanan dan Perkebunan Pemkab Bondowoso HM Erfan Gani memeberi cindera mata kepada Direktorat Eropa Tengah dan Timur, Tri Sari Dyah Paramita. Foto: Sugiyanto/BANGSAONLINE

BONDOWOSO (BANGSAONLINE.com) - Kluster kopi arabica Bondowoso tak diragukan lagi di pasar dunia internasional, berbagai negara di Eropa menjadi titik pemasaran kopi khas hasil produksi petani Bondowoso.

Atas dasar inilah, pihak Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) akan memasilitasi kopi arabika hasil produksi petani rakyat di Bondowoso, untuk memperluas pasar ekspor ke berbagai negara Eropa Tengah dan Timur.

Karena melihat propek dan kualitas kopi arabica Bondowoso, pihak Kemenlu melalui Direktorat Eropa Tengah dan Timur menandaskan, kopi Arabika Bondowoso yang sebelumnya sudah di ekspor ke Swiss dan Amerika, akan diperluas pasarnya hingga Rusia, Ceko, Polandia Hungaria, dan negara Eropa lain.

Direktorat Eropa Tengah dan Timur, Tri Sari Dyah Paramita mengatakan, pemilihan kopi Bondowoso didasari banyak faktor, di antaranya kualitas kopi sudah terjamin, dan adanya sertifikat indikasi geografis yang sudah dimiliki oleh kopi produksi 40 kelompok tani.

“Di Kawasan Eropa Tengah dan Timur, kopi Bondowoso belum masuk. Tapi dengan adanya permintaan pasar untuk komoditi kopi, kami melihat ini kesempatan. Ada beberapa even yang bisa dimanfaatkan, antara lain World Food Expo di Moskow September mendatang,” ujar Tri Sari Paramita, beberapa waktu lalu, saat melihat langsung petani memproduksi kopi di Desa Sukorejo Kecamatan Sumber Wringin.

Dikatakan Sari, bentuk dukungan yang diberikan Kementerian Luar Negeri kepada para petani kopi ini, di antaranya dengan melakukan market intelligence seputar selera pasar, serta mencarikan importir besar, untuk menerima pasokan kopi.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

 Tag:   Pemkab Bondowoso

Berita Terkait

Bangsaonline Video