Regenerasi, Gus Ipul Ajak Anak Muda Jadi Modin Pemulasaran Jenazah | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Regenerasi, Gus Ipul Ajak Anak Muda Jadi Modin Pemulasaran Jenazah

Editor: Revol Afkar
Wartawan: Ardianzah
Kamis, 21 April 2022 14:18 WIB

Wali Kota Pasuruan Gus Ipul saat membuka kegiatan pembinaan petugas pemulasaran jenazah (modin) di Gedung Gradika Kota Pasuruan, Rabu (20/4/2022).

KOTA PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Wali Saifullah Yusuf membuka kegiatan pembinaan petugas (modin) di Gedung Gradika , Rabu (20/4/2022). Acara itu diikuti 315 peserta dan 35 orang pendamping .

Dalam sambutannya, wali kota yang karib disapa Gus Ipul itu mengajak anak-anak muda untuk mau menjadi pendamping . Sebab, petugas yang ada saat ini mayoritas sudah tergolong tua. Yaitu yang usianya 70 tahun ke atas sejumlah 30 orang, usia 50 sampai dengan 70 tahun sejumlah 176 orang, dan sisanya usia di bawah 50 tahun sejumlah 109 orang.

“PR-nya, kita mengajak anak-anak muda untuk mau menjadi pendamping , dengan memberikan pelatihan sehingga yang muda mau ikut belajar paling tidak menjadi asisten petugas ,” ujar Gus Ipul.

Gus Ipul juga berpesan kepada penjaga makam agar menata dan merapikan kuburan. "Karena ini (makam) merupakan rumah masa depan kita semua. Terkadang, kuburan tidak terurus. Kita sering ke makam para aulia, makam kiai, tapi kita lupa kadang-kadang sama makam orang tua kita," ujarnya

Menurutnya, ada empat pesan yang bisa dipetik dengan rajin ziarah makam. Pertama, membuat hati lebih dingin dan tenang. Kedua, ingat pada orang tua leluhur. Ketiga, mengingatkan akan mati, dan keempat, bisa tersambung keberkahan leluhur yang terdahulu.

Apik-apikan (mempercantik) kantor lurah itu biasa, tapi apik-apikan (mempercantik) kuburan itu istimewa,” ungkapnya.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video