Kapolri Tekankan Strategi untuk Atasi Kemacetan Hingga Vaksinasi Booster saat Mudik | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Kapolri Tekankan Strategi untuk Atasi Kemacetan Hingga Vaksinasi Booster saat Mudik

Editor: Arief
Jumat, 22 April 2022 21:01 WIB

Kapolri Jendral Listyo Sigit Prabowo, memimpin apel gelar pasukan operasi ketupat Tahun 2022 di Lapangan Monas, Jakarta Pusat, Jumat (22/4).

JAKARTA, BANGSAONLINE.com - Menjelang pelaksaan mudik Hari Raya Idul Fitri tahun 2022, , memimpin apel gelar pasukan operasi ketupat Tahun 2022 di Lapangan Monas, Jakarta Pusat, Jumat (22/4).

"Di mana apel gelar pasukan ini melibatkan stakeholder yang ada baik dari Kemenhub, TNI, , Jasa Raharja, Pertamina, Basarnas, Kemenkes, BMKG. Sehingga ini dilaksanakan tidak hanya di Monas namun seluruh wilayah secara bersamaan," kata Sigit.

Sigit mengatakan, apel ini bertujuan untuk memastikan kesiapan dari seluruh personel dari stakeholder terkait. Mulai dari kesediaan sarana dan prasarana hingga pos pengamaman, pelayanan dan pos terpadu dalam menghadapi arus .

Ia juga mengimbau kepada masyarakat untuk melakukan mudik sebelum tanggal 28-30 April 2022. Sebab, diprediski pada tanggal tersebut merupakan puncak arus mudik lebaran tahun ini.

Berdasarkan hasil survey Kemenhub, terdapat 83 juta warga akan melakukan mudik, 23 juta di antaranya menggunakan mobil dan 17 juta menggunakan motor. Maka dari itu, jika melakukan mudik lebih awal dapat mengurangi potensi terjadinya kemacetan di jalan tol maupun jalur darat lainnya.

"Oleh karena itu kita mengimbau agar pelaksanaan mudik bisa diatur oleh teman-teman, instansi swasta untuk memberikan kesempatan mudik lebih awal kepada karyawan-karyawannya. Dan ini sudah diatur dalam surat edaran Menaker. Sementara instansi pemerintah atau ASN juga saat ini tentunya diberikan kesempatan untuk mengatur jadwal mudik. Kita harapkan dengan memanfaatkan waktu yang ada, maka potensi kemacetan yang ada di jalan khususnya jalur tol ini bisa kita dikelola dengan baik," paparnya.

Namun demikian, Sigit memastikan bahwa pemerintah melalui Kemenhub, Polri dan seluruh stakeholder terkait sudah menyiapkan strategi untuk mencfegah kemacetan lalu lintas saat puncak arus mudik lebaran tahun ini.

Tah hanya itu, Sigit juga memaparkan, strategi untuk menghindari kemacetan saat mudik dengan cara One Way, Contraflow, dan ganjil-genap. Serta, pemerintah juga menyediakan jalur-jalur alternatif untuk para pemudik.

"Jalur-jalur alternatif yang tentunya ini bisa digunakan untuk menjadi pilihan mudik yaitu, jalur alternatif Pantura dan Pantai Selatan yang saat ini dalam keadaan baik dan siap digunakan sebagai pilihan alternatif jalur mudik. Termasuk Pengaturan ganjil genap tentu kita akan berlakukan. Sehingga kepadatan di jalan tol bisa kita hindari," ucap Sigit.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video