​Pemkab Blitar Stop Hewan Ternak dari Daerah yang Terkonfirmasi Kasus PMK | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

​Pemkab Blitar Stop Hewan Ternak dari Daerah yang Terkonfirmasi Kasus PMK

Editor: Yudi Arianto
Wartawan: Akina Nur Alana
Rabu, 11 Mei 2022 16:31 WIB

Kepala Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Blitar Toha Mashuri.

BLITAR, BANGSAONLINE.com - Dinas Peternakan dan Perikanan (Disnakkan) Kabupaten menghentikan pengiriman hewan ternak dari daerah yang sudah terkonfirmasi ada kasus penyakit mulut dan kuku (PMK) ke Kabupaten . Hal ini ditegaskan oleh Kepala Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten  Toha Mashuri.

Toha mengatakan, hal itu dilakukan sebagai langkah antisipasi agar PMK tak masuk ke . Mengingat saat ini di Kabupaten belum ditemukan kasus PMK.

"Penyebaran penyakit mulut dan kuku yang ada di Jawa Timur, awalnya yang sudah dinyatakan positif ada di 4 kabupaten, yaitu Gresik, Mojokerto, Lamongan, dan Sidoarjo. Kemudian hari ini ada tambahan lagi di 3 kabupaten, yaitu Malang, Probolinggo, dan Lumajang," kata Toha.

Ia menegaskan, pihaknya terus mengupayakan agar tidak ada hewan yang berasal dari daerah yang sudah terkonfirmasi penyakit yang disebabkan oleh virus tersebut masuk ke .

"Nah, masyarakat juga perlu tahu kalau penyakit mulut dan kuku ini tidak menular pada manusia. Intinya konsumsi daging masih tetap aman. Jangan sampai ada salah pengertian, sehingga masyarakat takut mengkonsumsi daging," ungkapnya.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video