Selama Pandemi, Pertumbuhan Produk Unggulan di Kota Kediri Tembus 8,84 Persen | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Selama Pandemi, Pertumbuhan Produk Unggulan di Kota Kediri Tembus 8,84 Persen

Editor: Rohman
Wartawan: Muji Harjita
Minggu, 15 Mei 2022 16:55 WIB

Tahu kuning, produk unggulan khas Kota Kediri. Foto: Ist

KOTA KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disperdagin) mencatat Pertumbuhan Produk Unggulan Daerah yang dihasilkan melalui Industri Kecil dan Menengah (IKM) meningkat di tengah pandemi Covid-19 pada tahun 2021.

Kepala Disperdagin , menyebut ada 996 IKM penghasil produk unggulan di  pada 2020. Kemudian, terdapat 1.084 IKM penghasil produk unggulan di tahun 2021.

“Sejak kurun waktu satu tahun, yakni antara tahun 2020 sampai 2021 jumlah IKM produk unggulan mengalami peningkatan sebanyak 88 IKM, yang meliputi: 47 industri makanan minuman, 19 unit handycraft, 9 unit fashion, 7 unit industri batik dan 6 unit industri mebelair atau terealisasi sebesar 8,84 persen,”ujarnya melalui keterangan tertulis yang diterima BANGSAONLINE.com, Minggu (15/5/2022).

Menurut dia, meningkatnya produk unggulan daerah di itu berkat upaya dari Pemerintah Kota (Pemkot) Kediri dalam mendorong serta memajukan IKM, seperti program peningkatan standarisasi produk melalui fasilitasi pengurusan hak merek dan sertifikasi halal secara gratis. 

Lalu, adanya perlindungan kekayaan intelektual bagi produk lokal , fasilitas promosi produk-produk unggulan , dan melalui komitmen Pemkot Kediri kepada pelaku IKM untuk go digital.

“Untuk mencapai pada titik seperti ini tentunya Pemkot Kediri melakukan berbagai upaya. Kami sangat mengapresiasi segala bentuk produk unggulan asli , makanya kita daftarkan Kekayaan Intelektual Komunal (KIK) pada Kementerian Hukum dan HAM,” kata Tanto.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video