Kena Pembatasan Usia, Ratusan CJH dari Jombang Batal Berangkat ke Tanah Suci | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Kena Pembatasan Usia, Ratusan CJH dari Jombang Batal Berangkat ke Tanah Suci

Editor: Rohman
Wartawan: Aan Amrulloh
Kamis, 19 Mei 2022 17:31 WIB

Kasi Haji Kementerian Agama Jombang, Moh Salim Basawat.

JOMBANG, BANGSAONLINE.com - Ratusan Calon Jamaah Haji (CJH) asal Jombang bakal batal berangkat pada tahun ini. Sebab Pemerintah Arab Saudi menerbitkan regulasi soal pembatasan usia.

Kasi Haji Kementerian Agama (Kemenag) Jombang, , menyebut dalam kondisi normal tanpa ada kasus pandemi Covid-19, ada 2 kloter lebih CJH yang akan berangkat ke Tanah Suci Makkah.

Dari kuota 506 CJH, ada 477 orang yang dipastikan berangkat ke sana dan berasal dari 7 KBIH yang ada di Jombang. Setidaknya, ada 1.051 CJH dari Jombang yang rencananya berangkat ke Makkah pada tahun ini.

"Dari 506 itu yang berangkat 477 orang. Sisanya mengundurkan diri. Dikarena mereka ingin berangkat tahun depan. Gabung dengan istri atau gabung dengan suaminya. Ini tidak mencabut, hanya menunda keberangkatan," ujarnya, Kamis (19/5/2022).

CJH yang berangkat tahun ini, lanjut Salim, seharusnya berangkat pada 2020 lalu. Semua CJH tidak ada yang mengundurkan diri.

"Hampir tidak ada yang mengundurkan diri. Kalau mereka yang orang tuanya meninggal, diganti dengan anaknya," tuturnya.

Sedangkan, terdapat 465 orang dari 477 CJH yang melakukan pelunasan biaya haji sebesar Rp12,142,938,00. Adapun biaya untuk pergi haji tahun ini sebesar Rp37,577,602,00.

"Nanti bank itu terakhir kan pukul 15:00 WIB, pelunasan ya. Nanti kalau sampai batas waktu itu belum ada pelunasan, ya kami tinggal. Tetapi kami sudah mengarahkan seluruh komponen Kemenag maupun KBIH," urai Salim.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video