Pangkas Indikasi Curang Seleksi Perangkat Desa, Pemkab Mojokerto Luncurkan Superdeal

Editor: Yudi Arianto
Wartawan: Yudi Eko Purnomo
Kamis, 19 Mei 2022 19:28 WIB

Bupati Ikfina ketika meluncurkan Superdeal.

MOJOKERTO, BANGSAONLINE.com - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) meluncurkan terobosan baru untuk , yakni Sistem Ujian Perangkat Daerah Elektronik atau yang dijuluki dengan Superdeal. Inovasi ini diluncurkan Bupati , di SMK Negeri 1 Dlanggu, Kecamatan Dlanggu, Kabupaten , Kamis (19/5/2022).

"Inovasi ini diharapkan mampu memunculkan perangkat desa yang tidak hanya mendapatkan legitimasi sebagian besar masyarakatnya, namun juga mempunyai kemampuan manajerial yang efisien dan efektif," kata Bupati Ikfina.

Ikfina menyampaikan, model tes itu berbasis CAT (Computer Assisted Test). Sehingga tidak ada soal dalam lembaran fisik, dan soal-soal yang akan dikeluarkan dalam ujian itu akan diacak oleh sistem.

"Sehingga semuanya sangat fair. Soalnya ada 230, lalu diacak oleh sistem sehingga jadi 115. Soal ujian disusun oleh camat, disaksikan Forkopimca. Namun sekali lagi, sistem ini sangat ketat dan fair. Tidak ada yang dapat dimanipulasi karena semua ditentukan oleh sistem komputer," tandasnya.

Perkembangan IT saat ini sangat pesat. Di Pemkab sendiri, lanjut Ikfina, hingga kini terus mengembangkan dan meningkatkan sistem pemerintahan berbasis elektronik. Proses surat menyurat misalnya, yang sedang berproses dengan sistem online.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video