Bangun KEE di Pulau Masakambing, CDK Wilayah Sumenep Gelar Ekspedisi Abboti | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Bangun KEE di Pulau Masakambing, CDK Wilayah Sumenep Gelar Ekspedisi Abboti

Editor: Rohman
Wartawan: Dimas MS
Selasa, 24 Mei 2022 22:40 WIB

CDK Wilayah Sumenep saat mengadakan kegiatan Ekspedisi Abboti di Pulau Masakambing.

PAMEKASAN, BANGSAONLINE.com - Cabang Dinas Kehutanan (CDK) Wilayah Sumenep mengadakan di (). Kegiatan ini berlangsung di , Kecamatan Masalumbu, Kabupaten Sumenep, selama delapan hari.

Tim ini merupakan kolaborasi dari dan BBKSDA Wil IV Jawa Timur yang mempunyai misi konservasi pengelolaan populasi dan habitat, yaitu upaya pelestarian burung kakak tua melalui kegiatan penghitungan populasi, peningkatan kualitas, dan kuantitas keanekaragaman tegakan, sebagai daya dukung kehidupan serta kegiatan pemberdayaan masyarakat melalui Pembinaan Kelompok Tani Hutan dan Pembentukan PKSM di .

Kepala sekaligus sebagai Sekretaris Pengelola , Samsul Muarief, menekankan bahwa pelestarian burung kakak tua yang diikuti dengan program pemberdayaan masyarakat di merupakan amanah langsung dari Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa.

" merupakan salah satu instansi yang mengawali dan melaksanakan program pengelolaan tersebut, wajib diikuti oleh OPD-OPD lain agar segera terjun langsung menyampaikan programnya masing-masing di ," ujarnya kepada BANGSAONLINE.com, Selasa (24/5/2022).

Berdasarkan hasil pengamatan jumlah populasi burung kakak tua, Sumpena selaku Kasi Konservasi Wil IV BBKSDA menyebut ada 26 ekor burung kakak tua kecil jambul kuning yang sampai saati ini masih ada di , terdapat 5 pohon sarang (3 pohon randu dan 2 di mangrove) serta 4 pohon tidur (pohon kelapa).

"Dalam ekspedisi kali ini setiap kegiatan selalu melibatkan berbagai unsur masyarakat seperti pokdarwis, lembaga pendidikan, tokoh masyarakat dan beberapa pemuda peduli lingkungan yang ada di masyarakat setempat," kata Sumpena.

Mengingat masyarakat lokal sebagai pemegang kendali kepemilikan mayoritas area habitat burung kakak tua, strategi konservasi berbasis masyarakat atau Community-Based Conservation (CBC) menjadi pertimbangan yang selain bertujuan agar burung kakak tua tetap hidup lestari dan dimaksudkan agar masyarakat mendapatkan manfaat dari segi ekonomi melalui optimalisasi potensi sumber daya alam di sekitarnya.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video