Bupati Dhito Salurkan Bantuan kepada Pedagang Terdampak Kebakaran Pasar Ngadiluwih Mulai Akhir Juni

Editor: Yudi Arianto
Wartawan: Muji Harjita
Kamis, 26 Mei 2022 21:31 WIB

Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramana usai mengunjungi Pasar Ngadiluwih yang baru terbakar. foto: ist.

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - akan segera menyalurkan bantuan kepada pedagang yang terdampak kebakaran Pasar Ngadiluwih. Bantuan kerugian akibat kebakaran ini ditargetkan mulai disalurkan akhir Juni mendatang.

Menurut bupati yang akrab disapa Mas Dhito itu, penyaluran bantuan harus segera dilakukan mengingat puluhan pedagang sudah mulai berjualan di tempat relokasi yang sudah disediakan oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kediri.

"Bagaimanapun, bantuan untuk pedagang di Pasar Ngadiluwih yang terdampak kebakaran beberapa waktu lalu itu harus segera disalurkan karena mereka sudah mulai kembali berjualan," kata Dhito, Kamis (26/5/2022).

Dengan segera menyalurkan bantuan itu, Dhito berharap semoga dapat meringankan beban yang dialami oleh padagang. Pasalnya, kerugian yang dialami tiap pedagang akibat kebakaran pada 8 Mei lalu mencapai ratusan juga.

Lebih lanjut bupati berkacamata itu menerangkan, besarnya kerugian terjadi karena saat terjadi kebakaran mayoritas pedagang baru saja kulak barang yang akan dijual.

"Kebakaran itu terjadi paska lebaran. Mayoritas pedagang baru kulak barang. Kerugiannya mencapai ratusan juta, bahkan ada yang mencapai lima ratus juta rupiah," ujarnya.

Ia menjelaskan, bantuan tersebut bersumber dari Bantuan Tak Terduga (BTT) APBD Kabupaten Kediri. Pihaknya juga berharap dengan bantuan yang akan diberikan oleh Pemerintah Kabupaten Kediri itu, akan dapat mempercepat pemulihan ekonomi pedagang di pasar tersebut.

Terpisah, Pelaksana Tugas (Plt) Dinas Perdagangan Kabupaten Kediri Tutik Purwaningsih menuturkan, saat ini pihaknya tengah memverifikasi ulang data pedagang penerima bantuan tersebut. Verifikasi ulang itu menurutnya dilakukan karena adanya update data pedagang yang diterimanya.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video