Hadapi MEA 2015, Pemkab Blitar Standarisasi Produk Unggulan | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Hadapi MEA 2015, Pemkab Blitar Standarisasi Produk Unggulan

Editor: Rosihan/Revol
Wartawan: Tri Susanto
Jumat, 17 April 2015 21:05 WIB

Bupati Blitar H Herry Noegroho SE MH, menunjukkan salah satu produk unggulan Kabupaten Blitar. Foto: tri susanto/BANGSAONLINE

BLITAR (BANGSAONLINE.com) - Dalam menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN tahun 2015, Pemerintah Kabupaten Blitar melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Blitar akan mengintensifkan standarisasi pada produk-produk unggulan yang ada.

Ini diungkapkan Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Blitar Drs Molan. Menurutnya, tahun ini Indonesia akan memasuki era Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA). MEA adalah bentuk integrasi ekonomi Asean dalam artian adanya sistem perdagangan bebas antara negara-negara Asean. Indonesia dan sembilan negara anggota Asean lainnya telah menyepakati perjanjian Masyarakat Ekonomi Asean atau Asean Economic Community (AEC).

Dengan berlakunya MEA maka masyarakat di lingkungan ASEAN bisa melakukan transaksi perdagangan baik barang dan jasa secara bebas. "Situasi ini akan menuntut bangsa Indonesia memiliki daya saing yang kuat," kata Molan.

Pemerintah Kabupaten Blitar perlu melakukan langkah-langkah persiapan menghadapi MEA. Salah satunya dengan mengintensifkan standarisasi produk-produk unggulan di Kabupaten Blitar. Baik itu sesuai standart seperti Standar Nasional Indonesia (SNI) atau International Organization for Standardization (ISO). Sedangkan untuk makanan, minimal ada hak Hazard Analysis and Critical Control Points (HACCP) meskipun Kabupaten Blitar tidak melakukan sendiri.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

 Tag:   pemkab blitar

Berita Terkait

Bangsaonline Video