Kasus Penyebaran PMK di Probolinggo Kian Mengkhawatirkan, Forpimda Gelar Rapat Darurat

Editor: Revol Afkar
Wartawan: Andi Sirajudin
Rabu, 01 Juni 2022 17:17 WIB

Plt Bupati Probolinggo Timbul Prihanjoko saat memimpin rapat darurat penanganan PMK bersama forkopimda.

PROBOLINGGO, BANGSAONLINE.com - Plt. Bupati melakukan langkah cepat menyikapi kasus penyebaran (PMK) yang sudah banyak menyerang sapi di .

Rabu (1/6/2022) siang, ia menggelar rapat darurat bersama forpimda untuk menyiapkan langkah-langkah antisipasi penyebaran PMK di Kabupaten .

Rapat darurat itu digelar di pendopo kabupaten, dipimpin langsung Plt. Bupati Timbul. Masing-masing forpimda diminta memberikan masukan agar pemkab dapat melakukan penanganan cepat sehingga penyebaran PMK tak semakin meluas.

Kapolres Kota, AKBP Wadi Sya’bani, menyarankan agar pemkab segera melakukan mapping ternak dan peternak. Ia juga menyarankan penyiapan lokasi isolasi atau karantina bagi ternak sapi yang terserang PMK.

"Harus bisa memutus mata rantai penyebaran dengan pengendalian lalu lintas hewan. Bagi hewan yang terindikasi virus PMK, harus segera dikarantina dan itu pun harus dibahas terkait anggarannya," ujarnya.

Sementara Kapolres , AKBP Teuku Arsya Khadafi, menyarankan tentang perlunya mekanisme potong paksa untuk sapi yang terjangkit.

"Perlu tindakan potong paksa bagi hewan yang sakit. Selain itu, adanya perawatan hewan luka hingga pembuatan disinfektan kandang secara mandiri," tegasnya.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video