678 Ternak Terjangkit PMK dan 6 Sapi Mati, 3 Pasar Hewan di Tuban Ditutup | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

678 Ternak Terjangkit PMK dan 6 Sapi Mati, 3 Pasar Hewan di Tuban Ditutup

Editor: Yudi Arianto
Wartawan: Gunawan Wihandono
Rabu, 01 Juni 2022 19:09 WIB

Pasar hewan di Tuban.

TUBAN, BANGSAONLINE.com - Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian, dan Peternakan () Kabupaten mencatat sebanyak 684 ekor sapi terinfeksi penyakit mulut dan kuku (). Dari jumlah tersebut, 6 ekor akibat kasus .

Kepala Bidang Peternakan Kabupaten , Pipin Diah Larasati menjelaskan, kasus di terus bertambah. Untuk itu, sebagai upaya pengendalian dan penanggulangan , pemkab memutuskan menutup sejumlah pasar hewan.

"Pemkab resmi menutup tiga pasar hewan, yaitu Pasar Hewan Jatirogo, , dan Kerek sebagai upaya penanggulangan ," jelas Pipin.

Ia melanjutkan, pihaknya meminta setiap pengelola pasar untuk menghentikan operasional selama dua minggu. Sebab, penularan terjadi dengan cepat melalui berbagai macam media, termasuk manusia.

"Meskipun penyakit ini tidak menular pada manusia, tetapi manusia bisa menjadi media penyebar virus dari hewan satu ke hewan lainnya. Jika kasusnya mereda, kemungkinan akan dibuka kembali,” tuturnya.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video