Antisipasi Banjir, DPU SDA Bojonegoro Normalisasi Kali Ingas

Editor: Rohman
Wartawan: Eky Nurhadi
Jumat, 03 Juni 2022 14:56 WIB

Salah satu ekskavator yang melakukan perbaikan tanggul Kali Ingas di Desa Kedungprimpen, Kecamatan Kanor, Bojonegoro. Foto: EKY NURHADI/BANGSAONLINE

BOJONEGORO, BANGSAONLINE.com - Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Sumber Daya Air (SDA) Kabupaten melakukan normalisasi di Desa Kedungprimpen, Kecamatan Kanor. Ini dilakukan untuk mengantisipasi banjir dari tanggul yang jebol dan mengembalikan fungsinya. 

Kepala DPU SDA , Erik Firdaus, mengatakan bahwa anak Sungai Bengawan Solo di Kecamatan Kanor itu akan dinormalisasi sepanjang 2 km. Tanah di dasar sungai dikeruk menggunakan ekskavator dan tanggul sungai dilebarkan menjadi tiga meter.

"Jadi selama ini tanggul kali setempat sudah beralih fungsi, seperti ditanami pepohonan hingga dikeruk tanahnya untuk menguruk sawah. Ini yang menyebabkan tanggul semakin kecil dan mudah jebol apabila ada kiriman air," ujarnya saat dikonfirmasi, Jumat (3/6/2022).

Menurut dia, tanggul sepanjang di Desa Kedungprimpen yang berbatasan dengan Desa Pomahan, Kecamatan Baureno, itu saat ini lebarnya hanya tinggal 1 meter. Hal itu disebabkan longsor hingga dikeruk oleh warga yang memiliki lahan persawahan di dekat tanggul.

"Selain kita lebarkan menjadi tiga meter juga kita tinggikan tanggulnya, agar saat ada kiriman air tidak jebol seperti tahun lalu," ungkapnya.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video