Cegah Stunting, BKKBN Jatim Ajak Warga Bojonegoro KB Kesehatan Reproduksi

Editor: Rohman
Wartawan: Eky Nurhadi
Jumat, 03 Juni 2022 16:53 WIB

Suasana sosialisasi Pelayanan KB Kesehatan Reproduksi di Gedung Ahmad Yani Makodim 0813/Bojonegoro.

BOJONEGORO, BANGSAONLINE.com Jatim bekerja sama dengan Pemkab dan Kodim 0813 menggelar Sosialisasi Pelayanan KB Kesehatan Reproduksi sebagai upaya penurunan angka di Kota Ledre.

Sekretaris Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, dan Keluarga Berencana (P3AKB) , Nadif Ulifa, mengatakan bahwa kolaborasi antara dengan TNI sudah terjalin sejak lama, hal tersebut dikuatkan dengan adanya Nota Kesepahaman (MoU) dan perjanjian kerja sama di antara kedua pihak.

"Wujud nyata dari kerja sama itu di antaranya adalah program Manunggal TNI dan KB Kesehatan yang dicanangkan setiap tahun, pengawalan terhadap pelayanan KB di berbagai pelayanan kesehatan, serta peran aktifnya anggota TNI dalam kegiatan penyuluhan dan konseling KB sebagai motivator KB pria maupun wanita," ujarnya, Jumat (3/6/2022).

Sesuai Perpres Nomor 72 Tahun 2021 tentang percepatan penurunan , mendapatkan amanat menjadi koordinator percepatan penurunan di Indonesia. Untuk itu, Presiden Joko Widodo telah mencanangkan target menjadi 14 persen pada tahun 2024, tapi angka masih berada pada angka 27,7 persen (SSGBI 2019).

"Sehingga hal ini menjadi tantangan bersama untuk memperkuat program 'Bangga Kencana' dalam mendukung percepatan penurunan melalui sosisalisasi dan pelayanan KB kesehatan, terutama di wilayah ," kata Nadif.

Data dari Dinkes  menunjukkan penurunan kasus dari tahun 2021 lalu hingga Mei 2022 kemarin. Jika tahun lalu sebanyak 4.227 atau 5,71 persen, turun menjadi 5,21% atau 3.804 kasus.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video