Gubernur Khofifah dan Wapres Berangkatkan 449 Jamaah Haji Kloter Pertama asal Jatim | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Gubernur Khofifah dan Wapres Berangkatkan 449 Jamaah Haji Kloter Pertama asal Jatim

Editor: Nur Syaifudin
Wartawan: Devi Fitri Afriyanti
Sabtu, 04 Juni 2022 10:28 WIB

Wapres Ma'ruf Amin (kanan) didampingi Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa saat menyapa jemaah calon haji yang hendak berangkat ke tanah suci.

SIDOARJO - BANGSAONLINE.com - Sebanyak 449 jamaah haji kloter pertama asal Jawa Timur secara resmi diberangkatkan RI Ma'ruf Amin bersama Gubernur Jawa Timur melalui Bandara Internasional Juanda Terminal 2, pada Sabtu (4/6) pagi.

Pemberangkatan haji kloter pertama ini menjadi istimewa lantaran menjadi kali pertama dilakukan setelah dua tahun ditiadakan karena pandemi Covid-19.

"Hari ini kita memberangkatkan 449 jamaah dari Jawa Timur. Mereka berasal dari Tuban dan Bojonegoro menuju tanah suci," kata Wapres RI Ma'ruf Amin di depan awak media.

Didampingi Gubernur Khofifah dan Sekjen Kementerian Agama, Wapres RI Ma'ruf Amin mengatakan, pemberangkatan ibadah haji ini harus disyukuri karena menjadi penanda bahwa pandemi telah berangsur pulih.

"Ini menjadi yang pertama kali selama 2 tahun tidak ada pemberangkatan karena Covid-19. Alhamdulillah Karena Covid-19 sudah landai kita bisa memberangkatkan haji," ungkap Wapres.

"Mudah-mudahan tahun depan kita sudah bisa normal. Karena itu, haji tahun ini semacam ukuran atau penilaian apabila berjalan baik insyaallah tahun depan normal kembali," imbuhnya.

Wapres RI Ma'ruf Amin juga mengingatkan jamaah selama menunaikan ibadah haji agar menjaga kesehatan. Sebab, kata dia, wabah Covid-19 belum sepenuhnya hilang serta para jamaah juga harus menyesuaikan cuaca di Arab Saudi yang cukup panas.

"Harus bisa menjaga kesehatan karena cuaca di sana panas, sehingga bisa menjalankan ibadah dengan baik. Dengan demikian, jamaah haji bisa kembali ke tanah air dengan selamat dan menjadi haji mabrur," pesannya.

Terkait petugas dan fasilitas yang melayani jamaah haji, wapres RI Ma'ruf Amin menegaskan bahwa semuanya telah dipersiapkan dengan baik.

"Mulai tim medis hingga pelayanan fasilitas di tanah suci sudah dipersiapkan dan akan terus ditingkatkan. Itu komitmen pemerintah untuk jamaah haji," tegasnya.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video