Tanamkan Pancasila, Pemkot Madiun Gelar Sarasehan bagi Generasi Muda Sebagai Penerus Bangsa | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Tanamkan Pancasila, Pemkot Madiun Gelar Sarasehan bagi Generasi Muda Sebagai Penerus Bangsa

Editor: Yudi Arianto
Wartawan: Hendro Suhartono
Senin, 06 Juni 2022 21:01 WIB

Wali Kota Madiun Maidi menjelaskan pentingnya memahami dan mendalami Pancasila sebagai ideologi bangsa.

KOTA MADIUN, BANGSAONLINE.com - Sebagai sebuah ideologi bangsa, haruslah mendarah daging pada setiap warga negara Indonesia. Namun semakin banyaknya ideologi asing yang masuk, banyak generasi muda yang dinilai sudah mulai pudar memaknai sebuah dasar negara.

Hal tersebut menjadi perhatian khusus bagi Pemerintah Kota (Pemkot) Madiun. Sehingga perlu adanya penanaman serta pemantapan kembali Ideologi, terutama kepada para generasi muda sebagai penerus bangsa Indonesia.

Sebagaimana yang disampaikan oleh Wali Maidi dalam kegiatan Pemantapan Nilai-Nilai Ideologi bagi Pelajar dan Mahasiswa. Bahwa, mendalami sebuah ideologi haruslah mengerti satu per satu isi ataupun butir-butir dari setiap sila yang terkandung dalam.

"Bila ingin membumikan, dia harus tahu sila 1 isinya apa hingga sila ke-5. Dari 5 sila itu ada 46 butir yang harus diimplementasikan," terang Maidi usai memberikan materi Pemantapan Ideologi, Senin (6/6/2022)

Sehingga butir-butir dari para sila yang ada di itu bukan hanya sebagai materi teori yang hanya dihafal saja. Namun, juga perlu adanya bukti implementasi secara nyata pada lingkungan sekitar.

"Dari 33 program unggulan pemerintah daerah itu sudah ada (implementasinya). Sehingga mereka (remaja ) bisa jelas, OOO butir ini tindakannya itu. Artinya, bahwa apa yang sudah diimplementasikan pada masyarakat tinggal dimasukkan," sambung Maidi.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video