Mahasiswi FKG Unair dari Madiun Sampaikan Pentingnya Memahami Ebola | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Mahasiswi FKG Unair dari Madiun Sampaikan Pentingnya Memahami Ebola

Editor: Rohman
Wartawan: Hendro Suhartono
Senin, 06 Juni 2022 23:59 WIB

Mahasiswi FKG Unair dari Madiun, Okta Mulia Nur Fadila.

KOTA MADIUN, BANGSAONLINE.com - Sebagai seorang mahasiswi di Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Airlangga () Surabaya, Okta Mulia Nur Fadila, yang tinggal di Kelurahan Manisrejo, Kecamatan Taman, Kota , ini mengingatkan kita kembali tentang pentingnya mengerti dan mengetahui apa itu penyakit .

Dalam opini yang ditulisnya dengan judul Kilas Balik, Kenali, dan Waspadai Virus tersebut berharap agar masyarakat semakin memahami tentang penyakit itu secara menyeluruh. Apalagi pemerintah negara Kongo baru-baru ini mengumumkan bahwa kembali merebak di sana.

Menurut dia, walaupun di Indonesia belum pernah ada konfirmasi tentang penyakit tersebut, namun berdasarkan kutipan jurnal oleh Nidom tahun 2012, sebanyak 353 orangutan yang ada di Borneo walaupun sehat tetapi mengidap virus Sudan ebolavirus, Bundibugyo ebolavirus, dan Zaire ebolavirus, yang semestinya virus ini terdapat di Afrika saja.

"Tidak ada salahnya kita kembali mengupas yang dulu pernah kita dengar beritanya. Walaupun belum pernah ada data tentangnorang terkena penyakit ," kata Okta. Senin (6/6/2022).

Sehingga dalam opininya menerangkan bahwa EVD ( Virus Disease) dapat dikenal sebagai Demam Berdarah atau Hemorragic Fever berasal dari suatu virus yang bermarga virus dan bersuku Filoviridae termasuk dalam virus dengan strand RNA negatif. Seperti yang pernah kita ketahui sebelumnya, bahwa virus ebola merupakan suatu penyakit zoonotic (penyakit yang ditularkan dari hewan ke manusia) yang termasuk langka dan cukup mematikan.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

 Tag:   Madiun Ebola Unair

Berita Terkait

Bangsaonline Video