JOB P-PEJ Bojonegoro Kembangkan Masyarakat Ekonomi Produktif Melalui Budidaya Ikan Lele | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

JOB P-PEJ Bojonegoro Kembangkan Masyarakat Ekonomi Produktif Melalui Budidaya Ikan Lele

Editor: Revol
Wartawan: Eky Nurhadi
Senin, 20 April 2015 15:26 WIB

PANEN. Para pemuda di sekitar lapangan migas Sukowati, JOB P-PEJ panen lele. Foto: eky nurhadi/BANGSAONLINE

BOJONEGORO, BANGSAONLINE.com - Operator lapangan minyak dan gas bumi (migas) Sukowati, Joint Operating Body Pertamina Petrochina East Java (JOB P-PEJ) mengucurkan Dana Corporate Social Responsibility (CSR) kepada warga sekitar pengeboran. Warga diberikan bantuan bibit lele, dan kini sudah dipanen oleh warga sekitar.

Program CSR yang diberikan dalam bentuk budidaya lele itu diperuntukkan langsung kepada pelaksana program, yakni masyarakat yang berada di wilayah pengeboran, khususnya kelompok pemuda.

Salah satu kelompok pemuda yang ada di Dusun Plosolanang, Desa Campurejo, Kecamatan Kota Bojonegoro misalnya, awalnya mengajukan program budidaya lele. Setelah beberapa bulan langsung disetujui dan diberi bantuan.

"Kini sudah bisa dipanen dengan hasil yang bagus," kata salah satu pemuda, Ali Syafi'i.

Meski pada awalnya dia mengalami kesulitan dalam mengelola budidaya lele karena pengalaman yang dimiliki masih minim. Namun, setelah mengikuti beberapa kali pelatihan dia mulai mengembangkan program tersebut. "Sampai sekarang jika ada yang minat untuk budidaya saya bisa memfasilitasi," terangnya.

Awalnya, JOB P-PEJ memberikan bantuan bibit lele sebanyak 20.000 bibit. Namun, seiring berjalannya waktu, budidaya lele ini berjalan lancar setelah menguasai permasalahan dalam pengelolaannya. Dari tiga kolam itu sekarang sudah berkembang menjadi 11 kolam. Setiap kolam diisi sebanyak 1.500 sampai 2.000 ekor.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

 Tag:   csr

Berita Terkait

Bangsaonline Video