Bupati Mojokerto Launching Vaksin PMK di KUD Agribisnis Dana Mulya

Editor: Rohman
Wartawan: Nina Puji Rahayu
Minggu, 26 Juni 2022 16:39 WIB

Bupati Mojokerto, Ikfina Fahmawati, ketika menyerahkan 9.300 dosis vaksin PMK kepada vaksinator.

MOJOKERTO, BANGSAONLINE.com - Bupati , Ikfina Fatmawati, meyalurkan 9.300 dosis vaksin untuk penyakit mulut dan kuku () gelombang pertama, Minggu (26/6/2022). Penyerahan vaksin kepada vaksinator disaksikan para peternak saat launching vaksin di KUD Agribisnis Dana Mulya, Pacet.

"Vaksinasi ini adalah langkah terakhir dari penanganan. Penularannya akan landai karena keberhasilan vaksinasi. Karenanya diperlukan kerja sama yang baik dengan peternak," kata Bupati Ikfina.

Kecamatan Pacet mendapat jatah 1.000 dosis vaksin dan vaksinasi dimulai sejak 25 Juni-7 Juli 2022 mendatang. Bupati menyebut, kasus mirip Covid-19, menyasar sapi dan Covid-19 ke manusia. 

"Karena jenis virusnya pada dasarnya sama yakni virus rNa. Meski demikian, virus ini tidak menyerang ke manusia atau sebaliknya Covid tidak bisa menyerang hewan ternak," ucap kepala daerah yang juga seorang dokter itu.

"Karenanya kita punya pengalaman yang sama saat menanggulangi wabah Covid-19. Secara garis besar, penanganannya sama. Ada pembatasan atau lockdown. Kita mengambil langkah seperti memutuskan dengan menutup pasar hewan. Penularannya juga landai karena berbeda dengan manusia, sapi ini diikat di kandang. Solusinya sama yakni vaksinasi," paparnya menambahkan.

Ia mengungkapkan, tingkat penyembuhan bagus walaupun memiliki banyak varian. Ikfina telah menetapkan sejumlah skema untuk pola pendistribusian vaksin, dan ada tiga dosis yang bakal diberikan kepada ternak, yakni 1, 2, dan booster. 

Pihaknya akan membentuk satgas yang terdiri dari, vaksinator, penanda sapi yang telah disuntik vaksin dan aplikator yang bertugas untuk mendata sapi yang sudah divaksinasi. Karena keterbatasan jumlah vaksin bupati memprioritaskan vaksinasi sapi perah dan kemudian sapi potong yang berada di lingkungan sapi potong.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

 Tag:   Mojokerto PMK

Berita Terkait

Bangsaonline Video